Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Yana Gunakan Masker Medis Hingga Dua Lapis

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Yana Gunakan Masker Medis Hingga Dua Lapis
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Istimewa)



INILAH, Bandung - Penggunaan masker medis dua lapis, diakui Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana telah diterapkan satu pekan ini. Lonjakan kasus, dan keterisian tempat tidur di rumah sakit yang mencapai 92 persen menjadi alasan. 

"Sudah satu minggu ini saya menggunakan masker berlapis. Sebelumnya hanya satu lapis masker medis," kata Yana di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Senin (21/6/2021). 

Penggunaan masker berlapis, dituturkan dia sebagai bagian dari ikhtiar mengantisipasi penyebaran Covid-19. Terlebih, sebagai penyintas, dirinya tahu betul bagaimana rasanya terpapar Covid-19 dan takut. 


"Kita bisa baca kalau masker medis bisa sampai 95 persen mengurangi, mudah-mudahan dengan dilapis seperti ini, bisa 100 persen," ucapnya. 

Yana pun mengaku pengalamannya terpapar Covid-19 membuat lebih berhati-hati. Saat ini, AC di ruang kerjanya di Balai Kota tidak pernah dinyalakan atau beberapa waktu lalu tidak ingin menerima tamu. 

"Saya udah pernah merasakan (Covid-19) rasa takut itu ada. Saya enggak pernah mau menerima tamu tapi udah dua minggu terima tamu karena kasihan juga. AC gak pernah nyala," ujar dia. 

Sebelumnya, keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di ruang isolasi bagi pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit di Kota Bandung terus naik dan sudah mencapai angka 92 persen. 

Kasus harian pun terus mengalami peningkatan. Hingga angka terakhir pada Sabtu (19/6/2021) akhir pekan kemarin, mencapai 210 kasus dalam satu hari. Hal ini lebih tinggi dibanding hari-hari sebelumnya. (Yogo Triastopo)