Keren! Warga Megamendung Produksi Miniatur Vespa dari Limbah

Keren! Warga Megamendung Produksi Miniatur Vespa dari Limbah
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Megamendung- Memanfaatkan limbah bahan bangunan (bata hebel) milik tetangga yang sedang membangun rumah, Dadan Adriansyah (39 tahun) warga Kampung  Rawasedek, Kecamatan Megamendung berhasil membuat kerajinan tangan miniatur motor vespa.

Selain sebagai pajangan,  miniatur motor asli Negara Pizza  tersebut bisa difungsikan sebagai asbak, tempat perhiasan atau barang-barang kecil lainnya sesuai keinginan pembelinya.

"Pembuatan kerajinan tangan miniatur motor vespa ini berawal dari tidak adanya pekerjaan, awalnya saya iseng dengan peralatan seadanya  mulai menbentuk bata hebel hingga jadi miniatur motor vespa," kata Dadan kepada wartawan, Senin, (21/6).


Pria yang sehari-hari bekerja merepair body motor vespa ini menerangkan setelah terbentuk miniatur motor vespa, dengan alat kompresor dia pun mewarnai miniatur tersebut dengan aneka warna.

"Kalau untuk warna, pembeli bisa memilih yang sudah ada atau bisa juga memesan warna atau grafity sesuai selera, seperti logo klub sepakbola atau lainnya. Harga miniatur motor vespa ini saya jual mulai dari harga Rp 100 ribu hingga 175 ribu tergantung kesulitan pembuatan," terangnya.


Danu sapaan akrabnya menuturkan selain bisa memesan warna dan grafity, ia pun mempersilahkan pembeli untuk memesan bentuk body motor vespa, apakah tahun 1940an, 1950an, 1960an, 1970an hingga vespa produksi terbaru.

"Bentuk body miniatur motor vespa juga bisa dipesan pembeli sesuai selera, semuanya saya kerjakan secara  manual dan bukannya dicetak hingga dalam satu hari saya maksimal membuatnya sebanyak 3 buah," tutur Danu.

Alumni STM Yayasan Zelani Al-Mansyur (YZA) Kota Bogor ini menjelaskan hingga saat ini, pesanan miniatur motor vespa ini sudah banyak dijual warga DKI Jakarta dan Bandung Raya.

"Tak hanya dikirim ke DKI Jakarta dan Bandung Raya, Yogyakarta dan ke Pulau Kalimantan pun saya pernah menjadi tujuan pengiriman miniatur motor vespa ini," jelasnya.

Pria yang juga anggota Vespa Antique Club (VaC) Banten ini melanjutkan bagi masyarakat yang ingin membeli miniatur motor vespa ini melalui akun instagram, facebook dan juga aplikasi jual beli online yaitu shopee karena pihaknya dalam waktu dekat akan bekerjasama dengan BUMDes Megamendung.

"Pembeli yang ingin memesan miniatur motor vespa ini bisa melalui akun instagram dan facebook Danu VAC, atau ofline maupun online di BUMDes Megamendung Jaya di aplikasi shopee," lanjut Danu. (Reza Zurifwan)