BOR Capai 91 Persen, Warga Bandung Diminta Waspada dan Disiplin Prokes

BOR Capai 91 Persen, Warga Bandung Diminta Waspada dan Disiplin Prokes
Kadinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara. (Istimewa)



INILAH, Bandung - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara terus mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati dan disiplin protokol kesehatan (prokes) dengan baik. 

Sebab kata dia, bed occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di ruang isolasi Covid-19 di rumah sakit-rumah sakit Kota Bandung terus mengalami peningkatan cukup signifikan. 

"Keterisian tempat tidur di ruang isolasi Covid-19 terus naik. Posisi saat ini ada di angka 91 persen," kata Ahyani via telepon selulernya pada Jumat (18/6/2021). 


Menurutnya, setiap rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Bandung. Saat ini terus berupaya meningkatkan jumlah tempat tidur di ruang isolasi. Tak terkecuali rumah sakit yang berada di luar Kota Bandung. 

"Upaya kita adalah terus meningkatkan kapasitas pelayanan, termasuk untuk rumah sakit-rumah sakit di luar wilayah Kota Bandung," ucapnya. 

Masyarakat Kota Bandung, diharapkan Ahyani turut membantu pemerintah kota dengan cara mematuhi kebijakan tentang pembatasan kegiatan yang dilaksanakan selama 14 hari ke depan. 

"Termasuk menerapkan prokes, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan," ujar dia. 

Selain itu, masyarakat pun diharapkan terus meningkatkan daya tahan tubuh, dan apabila terkonfirmasi Covid-19, segera menghubungi puskesmas terdekat serta tidak panik. 

"Sementara bagi yang tanpa gejala, atau gejala sedang untuk melakukan isolasi mandiri, atau isolasi mandiri ya g disediakan aparat kewilayahan," tandasnya. (Yogo Triastopo)