Inilah Olahraga yang Disarankan Rasulullah

Inilah Olahraga yang Disarankan Rasulullah
Ilustrasi/Net



MENDAPATKAN tubuh yang sehat dan bugar adalah impian setiap manusia untuk terus bisa menjalankan hari demi hari kehidupannya. Dan olahraga merupakan aktivitas yang penting, dimana dapat dilakukan di sela-sela kegiatan atau aktivitas yang mungkin begitu padat. Dengan rutin berolahraga kita dapat mengembalikan stamina-stamina yang hilang selama beraktivitas.

Begitu pentingnya berolahraga, Islam juga sangat menyarankan umat muslim untuk berolahraga. Sebab baginda Rasul pun menyarankan hal demikian. Beberapa olahraga yang amat sangat disarankan Rasulullah di antaranya adalah memanah, berkuda, dan juga berenang.

Rasulullah SAW bersabda:


"Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah." (H.R. Sahih Bukhari dan Muslim)

Mengapa Rasulullah menyarankan kaumnya untuk olahraga memanah, berkuda, dan berenang?

Hal ini ternyata berkenaan dengan kesehatan tubuh kita, sebab dengan berkuda masalah kesehatan pada tulang belakang kita dapat teratasi bahkan terawat dengan baik. Saat kuda melompat atau berlari akan menyebabkan tulang belakang kita bergesek satu sama lain dalam keadaan harmoni sehingga saraf-saraf tulang belakang kita seperti di urut.

Sementara dengan memanah dan berenang, kita akan dilatih untuk menang, fokus, dan juga melatih logika. Selain untuk menyehatkan tubuh kita, memanah dapat bernilai pahala karena salah satu sunah.

Sebagai umat muslim, ada baiknya kita melakukan olahraga yang sangat Rasul sarankan ini. Bahkan menjadikannya salah satu olahraga favorit kita. Semoga selain mendapat keberkahan pahala dengan berolahraga sesuai anjuran Nabi saw, kita juga mendapat keberkahan sehat tubuh. Amin. [Islampos.com]