Tertarik Metode Pengelolaan Sampah RDF PT TIA, Ini Kata Yana Mulyana

Tertarik Metode Pengelolaan Sampah RDF PT TIA, Ini Kata Yana Mulyana
Dokumentasi (yogo triastopo)



INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Yana Mulyana meninjau pengelolaan sampah refuse derived fuel (RDF) PT Teknologi  Inovasi Asia (TIA) di kawasan Cipadung, Kota Bandung, pada Kamis (17/6/2021).

Dijelaskan dia, metode RDF adalah salah satu teknik penanganan sampah dengan mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat yakni menjadi bahan bakar dan manfaat positif lainnya.

"Ini tindak lanjut dari kunjungan ke Kota Balikpapan, dan saya melihat karakteristik sampah di kita ini, banyaknya sampah pasar. Jadi metode yang digunakan PT TIA ini, cocok menurut saya," kata Yana.


Menurutnya pun, market share RDF jauh lebih baik dari batu bara. Sebab, nilai harga jual lebih baik dan tidak memerlukan biaya tinggi. Terlebih, sampah yang dapat diolah bisa organik maupun nonorganik.

"Kita akan jajaki, apakah bisa terjalin kerja sama. Artinya kita meminta salah satu alatnya ini disimpan di salah satu TPS milik kita dan diolah di TPS itu. Ya harapannya, sampah habis di lokasi dan hasilnya bisa dijual," ucapnya.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah konsen mencari formulasi terbaik pengelolaan sampah. Terbaru, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengunjungi salah satu TPS terbaik di Kota Balikpapan. (yogo triastopo)