Persib Tak Jamin Turunkan Mohammed Rashid di Piala Wali Kota Solo

Persib Tak Jamin Turunkan Mohammed Rashid di Piala Wali Kota Solo
istimewa



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengaku belum bisa memberikan jaminan untuk pemain asing anyarnya, Mohammed Bassim Ahmed Rashid tampil di Piala Wali Kota Solo 2021. 

Pelatih asal Belanda ini mengaku masih menunggu regulasi yang tepat mengenai turnamen pramusim yang akhirnya akan digelar pada 29 Juli-4 Juni tersebut. Sebab sebelumnya, seluruh peserta tidak bisa menggunakan pemain asingnya saat di babak final. 

"Hari ini akan ada pertemuan untuk menentukan regulasi Piala Wali Kota Solo berdasarkan informasi yang saya terima. Kami sudah mengajukan masukan, jika mereka melarang pemain asing bermain di final yang mana itu adalah hal aneh mengajukan proposal seperti itu, maka kami mengajukan saran turnamen digelar hanya untuk pemain lokal Indonesia saja," ujar Robert saat dihubungi, Kamis (17/6/2021).


Robert juga mengaku belum mengetahui apakah pemain naturalisasi masuk dalam kategori pemain asing atau lokal. Sebab saat ini, Persib memiliki dua pemain naturalisasi, yakni Victor Igbonefo dan Ezra Walian. 

"Jika kamu melihat Ezra sebagai contoh, dia adalah pemain yang memiliki paspor Indonesia, tapi apakah dia dianggap benar-benar pemain Indonesia berdasarkan aturan maupun regulasi. Jadi ini pertanyaan menarik," tuturnya. 

Pelatih berusia 65 tahun ini menilai Piala Wali Kota Solo 2021 akan kehilangan kredibilitasnya apabila melarang penggunaan pemain asing. Sebab, setiap tim tidak bisa menurunkan skuat terbaiknya. 

"Seperti yang saya katakan, ada banyak hal yang tidak terprediksi terjadi sekarang. Jadi jika nanti pemain Asia (Mohammed Rashid) akan datang ke Indonesia, kami harus menunggunya karena tidak ada gunanya membawa dia ke Solo jika tidak bisa bermain di final. Maaf untuk mengatakan ini, tapi tidak ada gunanya membawa pemain asing jika tidak bisa bermain di turnamen," tegasnya. (Muhammad Ginanjar)