Gandeng TNI/Polri, Menkes: Satu Juta Vaksin per Hari

Gandeng TNI/Polri, Menkes: Satu Juta Vaksin per Hari
Ilustrasi (Istimewa)



INILAH, Bandung - Menkes Budi Gunadi menegaskan, vaksinasi massal ini sengaja menggandeng TNI/Polri untuk menyukseskan program Presiden Jokowi, yakni satu juta vaksin per hari selama Juli 2021.

"Presiden pesan, ingin lihat 1 juta vaksinasi per hari di bulan Juli," katanya usai meninjau vaksinasi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, Kamis (17/6/2021).

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi di Bandung berjalan lancar. Namun, dia mengingatkan warga yang masih mengantre masuk ke area stadion untuk menjaga jarak. "Alhamdulillah bagus dan ramai dan pesannya yang di luar jangan nempel-nempel, takut menulari," ujarnya.


Sementara itu Kapolri Jenderal Sulityo Sigit Prabowo mengaku optimis program presiden untuk satu juta sehari bisa terlaksana dengan lancar dan tanpa hambatan, terlebih bagi masyarakat yang belum divaksin.

"Itu bagaimana potensi pemda, Polri semuanya dioptimalkan. Harapan kita, di awal Juli atau sebelum itu, 1 juta satu hari bisa dilaksanakan," katanya.  Dia meminta agar masyarakat mau untuk mengikuti vaksinasi tersebut. Pihaknya mengajak masyarakat untuk datang ke sentra vaksinasi yang disediakan pemerintah.

Hal senada juga diungkapkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Menurutnya, program tersebut saat ini sudah dilaksanakan.

"Program satu juta sudah kita mulai laksanakan walaupun bulan Juni ini kita targetnya masih 700, namun optimis bisa lebih karena sesuai perhitungan, TNI di satu titik bisa melaksanakan sekitar 2.000, dengan Polri dikali dua, bisa empat ribu satu hari," tuturnya.

Menurut Hadi, TNI dan Polri juga sudah merencanakan menggelar vaksinasi di 100 titik di seluruh Indonesia sehingga target itu bisa segera tercapai. "Juli, optimis bisa tercapai dan bisa lebih. Harapan kita semua program vaksinasi nasional ini sesuai rencana dan target yang kita inginkan," pungkasnya. (ahmad sayuti)