Baznas Jabar dan Jabar Bergerak Bantu Salurkan Biaya Pendidikan

Baznas Jabar dan Jabar Bergerak Bantu Salurkan Biaya Pendidikan



INILAH, Bandung - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat bersama Jabar Bergerak memberikan bantuan senilai Rp 10,7 miliar kepada penerima manfaat seperti pelaku usaha, pelajar dan marbot masjid. 

Pimpinan Baznas Jabar Rachmat Ari Kusumanto mengatakan, bersama Jabar bergerak, menyalurkan bantuan kepada 1.000 anak yatim piatu berupa beasiswa dengan total nilai sebesar Rp 500 juta. Program lainnya menyalurkan zakat ASN se-Jabar. 

"Total ada 8.436 orang yang menerima manfaat. Mulai dari bidang ekonomi sampai ke bidang keagamaan. Jumlah nominalnya pun bervariatif, mulai terkecil Rp 500 ribu, sampai dengan Rp 3 juta," kata Rachmat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (14/6/2021). 


Secara rinci, penerima manfaat kategori UMKM dengan total 1.800 orang, dituturkannya menerima bantuan mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 1.5 juta. Di bidang pendidikan pun diberikan bantuan berupa uang dengan jumlah sebanyak 2.500 penerima. 

"Di bidang pendidikan dari pelajar, mahasiswa dan guru honorer. Di bidang keagamaan, ada sebanyak 3.752 penerima mulai guru ngaji sampai marbot. Bantuan ini semata karena "nyaahnya ASN Jabar. Di bidang kesehatan berupa masker dan hand sanitizer," ucapnya. 

Rachmat menambahkan, pembagian bantuan dari Baznas dan Jabar Bergerak ini akan terus dilakukan hingga akhir Juni 2021. Program ini diharapkannya dapat terus berlanjut hingga wabah pandemi Covid-19 berlalu di tanah air tercinta. 

"Jadi, jumlah nominal yang bervariasi itu, kita lihat dari seberapa besar dampak yang mereka alami di pandemi ini. Lalu indikator penerima manfaat ini, mereka yang belum mendapatkan bantuan sama sekali dari pemerintah selama pandemi ini," ujar dia. (Yogo Triastopo)