DPRD Jabar Apresiasi Pengelolaan Desa Wisata Alam Endah

DPRD Jabar Apresiasi Pengelolaan Desa Wisata Alam Endah
net



INILAH, Bandung - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mengapresiasi pengelolaan desa wisata di kawasan Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Terobosan wisata dengan memanfaatkan kawasan hutan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) diakui Anggota Komisi I DPRD Jabar Arif Hamid Rahman patut diapresiasi. Sebab dapat menjadi salah satu wadah tempat usaha bagi masyarakat sekitar, dalam mendongkrak perekonomian.

Dia pun bakal mendorong agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk mendukung program tersebut, mengingat Desa Alam Endah sudah dinyatakan sebagai desa mandiri. Salah satunya dengan memberikan fasilitas Maskara (Mobil Aspirasi Kampung Juara), yang menjadi program Pemprov sehingga dapat difungsikan oleh masyarakat setempat dalam melakukan promosi wisata daerahnya.


“Misalnya, desa ini sudah mandiri ditambah dengan adanya Maskara akan menambah daya tarik sebagai media promosi,” ujarnya di sela kunjungan, Jumat lalu.

Selain itu, pencapaian yang sudah dihasilkan Desa Wisata Alam Endah sejauh ini menurutnya cukup luar biasa. Sebab mampu memberikan kontribusi bagi pendapatan desa hingga ratusan juta. Sehingga perlu didorong lebih maksimal oleh pemerintah, dengan memberikan fasilitas dalam pengembangannya.

 “Sehingga peran serta keterlibatan dan dorongan pemerintah sangat penting untuk kemajuan desa ini,” ucapnya. 

Arif juga mengajak desa lain di Jawa Barat untuk menemukan dan mengembangkan potensi wilayah mereka, guna mendongkrak perekonomian masyarakat menjadi lebih baik. Seperti yang sudah dilakukan Desa Wisata Alam Endah, ataupun salah satu desa di Kabupaten Subang yang menjadikan arang sebagai salah satu sumber penghasilan masyarakat.

“Intinya, setiap desa harus jeli dalam mencari peluang usaha untuk kemudian dikelola melalui Bumdes,” tutupnya. (Yuliantono)