5 Bulan Baru Lantik Kadisdukcapil, Ini Kata Ade Yasin

5 Bulan Baru Lantik Kadisdukcapil, Ini Kata Ade Yasin



INILAH, Bogor - Bupati Bogor Ade Yasin melantik Bambang Setiawan menjadi Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil menggantikan Herdi yang meninggal dunia di akhir Januari lalu.

Lamanya proses pergantian ini karena khusus Dinas Kependudukan Catatan Sipil, Pemkab Bogor harus menunggu persetujuan Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

“Dalam pengajuan rotasi atau assesment Kepala Bidang, Sekretaris dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, kami harus mendapat persetujuan Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. Oleh karena itu kita butuh waktu untuk menunjuk Bambang Setiawan menjadi pejabat definitif Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” kata Ade Yasin kepada wartawan, Senin (14/6/2021).


Kepada Bambang Setiawan, ia meminta percepat layanan data kependudukan dan catatan sipil selesai sesuai tenggat waktu pekerjaan. Selain itu ia juga berharap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga menjemput bola pelayanan ke tengah-tengah masyarakat.

“Saya minta respon cepat dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil jika ada keluhan, selain pelayanan yang sesuai prosedur, untuk inovasi mereka juga diwajibkan menjemput bola pelayanan karena Bumi Tegar Beriman ini sangat luas areanya,” pintanya.

Ade menambahkan program layanan antar dokumen kerjasama dengan Kantor Pos  diteruskan. Karena masyarakat merasa mendapatkan kemudahan ketika dokumen-dokumen yang sudah selesai diantar langsung ke masyarakat melalui Kantor Pos

“Kasihan kalau masyarakat misalnya yang dari Jasinga, Tenjo, Sukamakmur, Tanjungsari, dan wilayah yang berjauhan lainnya harus mengambil dokumen langsung ke Cibinong. Jadi pelayanan harus mempermudah masyarakat dengan layanan antar tersebut,” tambah Ade.

Bambang Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga mengaku akan membantu pencapaian target visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bogor dalam hal Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Apapun tugas yang diberikan Bupati dan Wakil Bupati Bogor, tentunya akan saya lakukan. Untuk terobosan atau program yang inovatif akan saya diskusikan dahulu dengan jajaran,” ucap Bambang. (Reza Zurifwan)