Pemain Ini Selamatkan Istri Eriksen dalam Insiden Kopenhagen

Pemain Ini Selamatkan Istri Eriksen dalam Insiden Kopenhagen



INILAH, Kopenhagen - Kasper Schmeichel membuktikan lagi dialah pria yang dibutuhkan di dalam tim. Termasuk juga dalam insiden Christian Eriksen pada laga Denmark lawan Finlandia, Sabtu (12/6/2021).

Kiper asal Leicester City itu bertarung spartan di bawah mistar gawang. Dia juga menunjukkan sikapnya itu lagi dalam drama mengerikan saat rekannya, Christian Eriksen kolaps.

Eriksen harus dilarikan dari dalam lapangan ke rumah sakit. Bahkan Gary Lineker yang menjadi host untuk BBC, mengakui dia mengkhawatirkan terjadi hal yang buruk.


Kasper Schmeichel kemudian secepatnya mengawal istri Christian Eriksen, Sabrina Kvist, saat wanita itu turun dari tribun penonton ke dalam lapangan dengan linangan air mata. Kapten tim, Simon Kjaer terlihat menopang leher Eriksen untuk menyelamatkan rekannya itu.

“Apapun yang terjadi bulan-bulan ke depan, Kjaer, Schmeichel, dan para pemain Denmark adalah pahlawan di kompetisi ini,” tulis Mirror.

Aksi Kasper Schmeichel mendapat pujian di dunia maya. Sejumlah akun Twitter menyangjungnya sebagai kiper dengan kemanusiaan yang tinggi.

“Kasper Schmeichel salah satu manusia hebat yang ada,” tulis seorang penggemar Leicester. 

Seorang lainnya menulis, “Ya, terima kasih Kjaer, Anthony Taylour, staf medis, dan siapapun yang terlibat. Hanya ingin mengingatkan pemimpin lain, pahlawan lain di lapangan, Kasper Schmeichel. Berlari ke pinggir lapangan, menenangkan Nyonya Eriksen, menunjukkan semangat kepahlawanannya.”

Dokter Timnas Denmark, Martin Boesen, mengatakan detak jantung Christian Eriksen sempat berhenti setelah kolaps dalam laga pembuka Grup B Euro 2020 saat Denmark menjamu Finlandia di Stadion Parken, Kopenhagen, Sabtu malam.

Pada menit ke-43 pertandingan, Eriksen tumbang di atas lapangan dan sempat mendapat tindakan resutasi jantung paru (CPR) dari petugas medis dengan memompa dada Eriksen..

Adegan itu membuat para pemain Denmark tampak khawatir yang kemudian menular ke seisi Stadion Parken yang tribunnya terisi sekira 16 ribu suporter tuan rumah dan Finlandia.

Belakangan Eriksen dilarikan ke rumah sakit dan dinyatakan dalam keadaan sadar serta kondisi yang berangsur stabil.

"Kami dipanggil memasuki lapangan ketika Christain terjatuh, saya tidak melihat secara langsung, tetapi jelas dia tidak sadarkan diri," kata Boesen.

“Ketika saya tiba di sana, ia terbaring menyamping, masih bernafas dan saya masih bisa melihat jantungnya berdetak, tetapi tiba-tiba semuanya berubah dan sebagaimana orang-orang lihat kami mulai melakukan tindakan CPR.

"Bantuan datang sangat-sangat cepat dari petugas medis serta staf lainnya, dan dengan kerja sama semua pihak kami bisa mengembalikan Christian," ujarnya melengkapi.

Pertandingan ditangguhkan hampir dua jam lamanya sebelum dilanjutkan dan Denmark menelan kekalahan 0-1 dari Finlandia akibat gol Joel Pohjanpalo serta kegagalan Pierre-Emile Hojbjerg mengkonversi tendangan penalti.