Terbaik Dalam Pengelolaan Sampah, Kota Bandung Berkunjung ke Balikpapan

Terbaik Dalam Pengelolaan Sampah, Kota Bandung Berkunjung ke Balikpapan
istimewa



INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur membahas penanganan dan pengelolaan sampah. 

Dalam kunjungan, orang nomor dua di Kota Bandung tersebut turut didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna dan Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung Khairul Rizal.

Yana mengatakan, Kota Balikpapan dipilih lantaran dikabarkan terbaik dalam penanganan atau pengelolaan sampah. Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung ingin mereplikasinya.


"Kota Bandung ingin melakukan amati, tiru, dan modifikasi (ATM) untuk mengatasi permasalahan sampah yang kian hari kian menumpuk," kata Yana. 

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan. Sebab Pemkot Bandung akan melakukan kerja sama dengan enam kabupaten/kota dalam peralihan pemanfaatan tempat pembuangan akhir (TPA). 

"Dalam waktu dekat akan ada TPA regional, sehingga Pemkot Bandung ingin berdiskusi masalah pengolahan sampah di Kota Balikpapan karena disini relatif baik. Dan mungkin bisa ditiru dan dimodifikasi," ucapnya. 

Berdasarkan data yang dihimpun, dituturkan Yana, Kota Bandung memproduksi sampah 1.500 ton per hari. Sampah-sampah tersebut dibuang ke TPA di luar Kota Bandung, bersama daerah lainnya di Bandung Raya.

Sementara itu, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, kunjungan Pemkot Bandung ke Kota Balikpapan kali ini, tak lain ingin memperbaiki pengelolaan sampah di Kota Bandung.

"Pemkot Bandung ingin memperbaiki pengolahan sampah. Dari yang kita pahami, ada hal yang berbeda yang akan dilakukan Kota Bandung. Kita akan berdiskusi untuk mendapatkan ilmu pengelolaan sampah," kata Ema. (Yogo Triastopo)