Tingkat Keterisian Ranjang Pasien Covid-19 di Kota Bandung Mencapai 81 Persen

Tingkat Keterisian Ranjang Pasien Covid-19 di Kota Bandung Mencapai 81 Persen
Foto: Yogo Triastopo



INILAH, Bandung - Bed occupancy ratio (BOR) pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit di Kota Bandung terus mengalami peningkatan. Data terbaru mencatat, keterisian tempat tidur di beberapa rumah sakit mencapai angka 81 persen.

"BOR sebelumnya ada di angka 79,9 persen dan saat ini menjadi 81 persen," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Balai Kota Bandung, Jumat (11/6/2021). 

Dia mengungkapkan, meski terjadi peningkatan jumlah yang dirawat akibat Covid-19. Namun dari angka 81 persen tersebut, sekitar 56 persen tempat tidur diisi warga Bandung. Sementara angka sisanya diisi warga dari luar Kota Bandung. 


"Tetapi, BOR di rumah sakit-rumah sakit di Kota Bandung diisi 55 persen warga Bandung dari jumlah BOR yang ada. Nah sisanya itu, dari warga luar Kota Bandung yang memang mendapat rujukan ke Kota Bandung untuk mendapat perawatan," ucapnya. 

Oded pun mengaku telah meminta pejabat di kewilayahan terus memberikan data terbaru terkait kasus penyebaran Covid-19 kepada tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Bandung. Sebab banyak informasi yang ada berbeda dengan fakta di lapangan. 

"Saya intruksikan camat dan lurah betul-betul bisa memberikan update ke tim gugus tugas Kota Bandung. Kenapa, karena kita sering ada info-info yang keluar itu berbeda dengan kenyataan. Tapi BOR Kota Bandung, 79 persennya itu bukan orang Bandung saja," ujar dia. 

Di lain sisi, adanya kerumunan masyarakat dalam kegiatan vaksinasi massal di kawasan Sudirman beberapa waktu lalu, dituturkannya bahwa panitia penyelenggara vaksinasi berasal dari TNI dan Polri. 

"Tetapi saya sudah meminta kepada Kadinkes untuk segera berkoordinasi dengan penyelenggara vaksinasi massal untuk meminimalisir kerumunan. Tentu kita juga tidak ingin kecolongan. Namun digaris bawahi, pesertanya tidak hanya dari Kota Bandung saja," kata Oded. (Yogo Triastopo)