Pemkab Bandung Akan Perbaiki 4.000 Rutilahu Tahun Ini

Pemkab Bandung Akan Perbaiki 4.000 Rutilahu Tahun Ini
Bupati Bandung Dadang Supriatna saat penyerahan buku tabungan untuk warga penerima manfaat rutilahu di Rumah Jabatan Bupati Bandung di Soreang
Pemkab Bandung Akan Perbaiki 4.000 Rutilahu Tahun Ini
Pemkab Bandung Akan Perbaiki 4.000 Rutilahu Tahun Ini



INILAH,Bandung - Pemerintah Kabupaten Bandung akan melakukan perbaikan sekitar 4.000 an rumah tidak layak huni (rutilahu) pada tahun ini. Perbaikan rutilahu ini merupakan bagian dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten Bandung.

"Hari ini kami meluncurkan program bantuan rutilahu. Ini tidak sekedar peluncuran program saja, kami akan melakukan monitoring dan evaluasi (monev). Kemudian, dicek juga spesifikasi pelaksanaannya, enggak boleh asal-asalan. Diharapkan dapat memperbaiki lingkungan di masing-masing wilayah termasuk perbaikan rumah yang layak dan sehat," kata Bupati Bandung Dadang Supriatna seusai penyerahan buku tabungan untuk warga penerima manfaat rutilahu di Rumah Jabatan Bupati Bandung di Soreang, Kamis (10/6/2021).

Dikatakan Dadang, dalam RPJMD diamanatkan sebanyak kurang lebih 37 ribu rutilahu yang harus diperbaiki. Oleh karena itu, pihaknya terus berupaya mengoptimalkan semua potensi yang ada. Termasuk mengupayakan berbagai bantuan baik Pemerintah Pusat, Pemprov Jabar maupun partisipasi dari swasta dan instansi lainnya.


"Untuk mencapai target ini memang harus ada kolaborasi. Baik itu dengan pusat, provinsi, swasta dan lainnya. Tapi saya optimistis bisa tercapai, dan akan terus melakukan lobi-lobi, saya optimistis, kita punya DPRRI, Pemprov, pusat, BJB, geotermal dan lainnya," ujarnya.

Dadang melanjutkan, agar bantuan rutilahu ini efektif dan tidak tumpang tindih. Data penerima manfaat yang dicatatkan oleh Dinas Sosial, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil), serta Badan Pusat Statistik (BPS) harus terus dibenahi. Dan saat ini data tersebut sudah mulai tidak tumpang tindih.

"Datanya disinkronkan, dipetakan jangan sampai dobel-dobel penerimanya. Misalnya, sudah dapat dari Pemprov dapat juga dari kita atau dari CSR. Nah, ini yang harus terus dipantau," katanya.

Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung Erwin Rinaldi menambahkan, target RPJMD untuk rutilahu adalah sekitar 37 ribu dituntaskan sekitar empat tahun. Artinya, per tahun sekitar 7.000-an rumah sehingga dengan peluncuran program perbaikan 4.000-an rutilahu ini cukup signifikan membantu menyelesaikan target RPJMD.

"Dikolaborasikan dengan program lain, baik itu dari pusat, provinsi maupun swasta dan perorangan kami optimistis bisa menyelesaikan masalah rutilahu ini," katanya.

Untuk bantuan rutilahu ini, lanjut Erwin, warga penerima manfaat mendapatkan dana stimulan sebesar Rp17,5 juta untuk pembelian material dan upah kerja. Bantuan rutilahu ini langsung ditransfer ke rekening masing-masing warga penerima melalui Bank BJB.

"Bantuan itu stimulan, nanti akan dicek pelaksanaannya sampai ke lapangan. Pak Bupati juga akan mengecek sampai ke lapangan, dua bulan ke depan atau sebelum 99 hari kerja Bupati Bandung," pungkasnya. (rd dani r nugraha)