Pupuk Kujang Bangun Taman Edukasi dan Tanam Pohon di Bantaran Citarum

Pupuk Kujang Bangun Taman Edukasi dan Tanam Pohon di Bantaran Citarum
istimewa



INILAH, Bandung - PT Pupuk Kujang Cikampek berkomitmen melakukan restorasi ekosistem untuk alam yang lebih baik. Rencananya, anggota holding Pupuk Indonesia itu akan menanam sebanyak 1.000 pohon. 

Direktur Utama Pupuk Kujang Maryadi mengatakan, sebagai awal pada Senin (7/6/2021) lalu sebanyak 700an pohon ditanam di bantaran Citarum tepatnya di wilayah Rengasdengklok. Aksi tersebut diakuinya tak hanya untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Namun, demi menyelamatkan lingkungan bantaran Citarum dan menambah ruang terbuka hijau untuk masyarakat. 

Dia menuturkan, pihaknya pun menyelenggarakan Kujang Environment Festival 2021. Program itu berisi serangkaian kegiatan diantaranya penanaman 1.000 pohon di bantaran Citarum, webinar dan perlombaan di bidang lingkungan serta program Satu Karyawan Satu Pohon (Sakasapo). 


“Hari ini, kita menanam 700 pohon, lalu dilanjutkan bertahap melalui program Sakasapo 1.000 pohon. Tapi dengan jumlah karyawan Pupuk Kujang yang lebih dari 1.000 orang, kemungkinan bakal lebih dari 1.000 pohon,” kata Maryadi dalam rilis yang diterima, Kamis (10/6/2021).

Terkait jenis pohon yang ditanam, dia menyebutkan bibit yang tanam antara lain durian, mangga, rambutan, dan pohon buah lainnya. Diharapkan, manfaat menanam pohon di bantaran sungai diantaranya mencegah banjir bisa mengurangi ketinggian banjir hingga 20 persen.

Selain menanam ribuan pohon, Pupuk Kujang memulai pembuatan fasilitas rekreasi dan edukasi. Untuk itu, dilakukan seremoni peletakan batu pertama pembuatan jogging track, taman, hidram, bio reaktor, hingga pembangkit listrik hybrid. 

“Ke depannya ini akan jadi taman edukasi ramah lingkungan yang berfungsi sebagai ruang terbuka hijau untuk masyarakat sekaligus melakukan konservasi sumber daya alam  dengan program-program yang baik,” ujar Maryadi. 

Sementara itu, Komandan Sektor 19 Citarum Kolonel Chb Widodo mengapresiasi konsistensi Pupuk Kujang dalam mendukung program Citarum Harum. 

"Kami berterima kasih pada Pupuk Kujang karena selalu sinergi dengan Sektor 19 dalam mendukung program-program kita yang berkaitan dengan pelesrarian alam," kata Widodo yang saat itu didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang Wawan Setiawan. (*)