Robert Alberts Kesulitan Tentukan Pemain Hadapi Tira Persikabo

Robert Alberts Kesulitan Tentukan Pemain Hadapi Tira Persikabo
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (istimewa)



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengaku belum bisa menentukan pemain yang akan tampil menghadapi Tira Persikabo. Kedua tim akan bertanding dalam laga uji coba yang akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Sabtu (12/6/2021).

Pelatih asal Belanda ini memastikan harus memeriksa kesiapan para pemainnya. Sebab, beberapa di antaranya masih berkutat dengan cedera.

"Kami memeriksa pemain siapa yang bisa tampil nanti, karena (Wander) Luiz, dia baru kembali dari cedera dan akan dipantau apakah bisa bermain atau tidak. Beckham (Putra Nugraha) juga tidak bisa bermain karena dia mengalami cedera di bagian hamstring," ujar Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion GBLA, Gedebage, Kota Bandung, Kamis (10/6/2021).


Pelatih berusia 65 tahun ini mengaku sudah memantau kesiapan para pemainnya dalam menghadapi laga uji coba nanti. Sehingga dirinya bisa menerapkan formasi terbaik.

"Lalu setelah itu kami melakukan evaluasi dan melakukan pertimbangan terhadap siapa yang mengisi line up," katanya.

Robert pun memberikan target kepada para pemainnya di laga nanti. Supardi Nasir dan kawan-kawan harus bisa meraih kemenangan meski laga tersebut hanya berupa laga uji coba atau laga persahabatan.

"Tapi kamu juga harus tahu apa yang menjadi prioritas di pertandingan (uji coba) itu, apakah itu melihat kemenangan atau melihat perkembangan dari pemain yang mana kemenangan bukan yang utama. Tapi setiap pemain tentu ingin menang. Jadi tentunya target setiap laga itu adalah menang," tegasnya.

Meski demikian, Robert tak memungkiri memiliki prioritas lain dalam uji coba tersebut selain mengincar kemenangan. Yakni mencoba formasi, memberikan kesempatan kepada pemain hingga melihat kombinasi dari beberapa pemain.

"Jadi itu bisa membuat kami melakukan pergantian pemain dan juga menguji formasi berbeda dan itu bisa menjadi prioritas. Jadi ketika melakukan perubahan formasi dan kombinasi, meski tidak menang tapi memiliki jawaban atas apa yang dicoba dan itu positif. Lain halnya jika sudah memasuki Liga, untuk menjadi juara tentu harus menang di setiap pertandingan," tuturnya.

Robert yakin timnya mendapatkan pelajaran di laga nanti. Sebab Tira Persikabo sama-sama peserta Liga 1 2021.

"Tira adalah tim yang bagus, tim yang juga selalu berlatih karena mempunyai kontrak dengan tentara. Dihuni pemain yang bagus yang juga seorang tentara. Bisa dilihat mereka selalu siap untuk bermain di pertandingan dan juga punya pemain asing yang sangat bagus. Jadi ini tim yang bagus dan menjadi lawan yang ideal untuk mengukur kekuatan. Tira juga selalu menampilkan permainan yang ketat jadi ini akan jadi pertemuan yang bagus," pungkasnya. (muhammad ginanjar)