Bagi-bagi Masker, Bupati Dadang Bikin Kaget Para Pedagang Pasar Sangkanhurip Katapang

Bagi-bagi Masker, Bupati Dadang Bikin Kaget Para Pedagang Pasar Sangkanhurip Katapang
Foto: Dani R Nugraha



INILAH,Bandung- Kesibukan para pedagang dan warga yang tengah berada di Pasar Desa Sangkanhurip Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung pada Rabu (9/6/2021) pagi, dikejutkan dengan kehadiran Bupati Bandung Dadang Supriatna yang menghampiri mereka dan membagi-bagikan masker serta hand sanitaizer.

Dadang juga tak bosan-bosannya mengingatkan setiap warga yang dijumpainya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kaget ajah saya kira bulan Bupati Bandung, datang tiba-tiba dan menasihati kami untuk selalu menerapkan prokes. Kami juga dikasih masker dan hand sanitaizer. Kami senang beliau mau datang berkunjung dan menyapa warga dan pedagang pasar ini," kata Ujang (40) salah seorang tukang ojek pangkalan di pasar Desa Sangkanhurip.


Ade Nurjanah (55) salah seorang pengunjung pasar Desa Sangkanhurip mengaku senang mendapatkan masker kain dan sebotol kecil hand sanitaizer dari Bupati Bandung Dadang Supriatna. Dengan alasan terburu-buru, ia datang ke pasar itu tidak mengenakan masker. 

"Dari rumah tadi pagi buru-buru takut kesiangan, jadi lupa pakai masker. Alhamdulilah ketemu pak Bupati dikasih masker dan handsanitaizer. Beliau juga nasihatin saya agar selalu melaksanakan prokes, dan selalu menjaga kesehatan," ujarnya.

Memang, Bupati Dadang yang datang bersama para buruh dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) itu sengaja melakukan bakti sosial di halaman Kantor Kecamatan Katapang dan Pasar Desa Sangkanhurip. Bakti sosial tersebut adalah rangkaian hari buruh Internasional yang diperingati setiap 1 Mei. Selain membagikan masker dan handsanitaizer, Bupati Bandung dan para pimpinan serikat buruh juga memberikan bantuan sembako kepada para buruh dan sebagian masyarakat.

"Ini masih rangkaian dari hari buruh 1 Mei lalu. Jadi programnya berkelanjutan tidak berhenti pada saat 1 Mei saja. Tapi siapapun buruh yang bisa memberikan bantuan kepada masyarakat ini sangat luar biasa. Karena memang dalam situasi pandemi ini kita semua harus terus saling membantu. Serta terus menjaga kebersamaan, termasuk kebersamaan antara buruh dengan pengusaha untuk sama sama bangkit dari situasi ini untuk mencapai kesejahteraan bersama," katanya.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Bandung, Uben Yunara menambahkan, kegiatan bakti sosial tersebut tidak hanya digelar di Kecamatan Katapang saja. Melainkan juga digelar dibeberapa kecamatan yang menjadi sentra industri di Kabupaten Bandung, seperti di Banjaran, Solokanjeruk, Ciwidey dan lainnnya. Dan puncak dari peringatan hari buruh tersebut, yakni besok dengan menggelar berbagai kegiatan bakti sosial.

"Saya juga mengimbau kepada para buruh untuk selalu menerapkan prokes. Baik itu saat bekerja maupun diluar. Karena kesadaran kita bersama itu sangat penting agar kita bisa segera keluar dari situasi pandemi ini," katanya.(rd dani r nugraha).