Ini Jadwal dan Syarat Lengkap PPDB TK, SD dan SMP di Kota Bandung

Ini Jadwal dan Syarat Lengkap PPDB TK, SD dan SMP di Kota Bandung



INILAH, Bandung - Penerimaan perserta didik baru (PPDB) 2021 Kota Bandung segera dibuka. PPDB Kota Bandung akan melayani penerimaan siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). 

Tentunya ada sejumlah hal yang harus diketahui para orang tua calon siswa. Pertama adalah jalur dan kuota. Lalu persyaratan umum dan khusus, serta yang terakhir adalah waktu pendaftaran. 

Jalur dan Kuota : 


Jalur dan kuota PPDB Kota Bandung, terdiri dari jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua atau wali, dan prestasi. Ditingkat TK, hanya terdiri dari jalur zonasi dan perpindahan tugas orang tua atau wali.

Jalur zonasi kuotanya, yaitu minimal sebanyak 95 persen. Sedangkan perpindahan tugas orang tua atau wali yaitu maksimal lima persen dari kapasitas penerimaan.

Ditingkat SD, jalur zonasi sebesar minimal 70 persen, afirmasi (minimal 15 persen), dan  perpindahan tugas orang tua atau wali (maksimal lima persen).

Sedangkan SMP, jalur zonasi jalur zonasi sebesar minimal 50 persen, afirmasi (minimal 15 persen), perpindahan tugas orang tua atau wali (maksimal lima persen), dan jalur prestasi (maksimal 30 persen).

Bagi jalur prestasi, terdiri dari 60 persen nilai rapor dan 40 persen prestasi perlombaan atau penghargaan.

Sementara yang dimaksud jalur afirmasi, yaitu berasal dari keluarga tidak mampu atau rawan melanjutkan pendidikan (RMP) dan berkebutuhan khusus. 

Bagi warga luar Kota Bandung yang ingin mendaftar ke sekolah di Kota Bandung, juga diberikan kesempatan. Yaitu melalui jalur zonasi luar kota pada sekolah perbatasan dan prestasi.

Jalur zonasi luar kota pada sekolah perbatasan. Kuota yang diberikan maksimal sebesar maksimal 10 persen untuk SMP, dan 30 persen untuk SD dari kuota jalur zonasi.

Sedangkan jalur prestasi diberikan kuota sebesar 25 persen untuk SMP dari kuota 40 persen prestasi perlombaan atau penghargaan.

Persyaratan :

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi para calon siswa saat mendaftarkan diri. Di antaranya:

Persyaratan Umum :

1. Akte kelahiran. 
2. Kartu keluarga yang teregistrasi satu tahun sebelum tanggap pendaftaran PPDB. 
3. KTP orang tua calon peserta didik.

Persyaratan Khusus :

Calon siswa melalui jalur RMP, yaitu kartu program penanganan keluarga tidak mampu/terdaftar pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTSK) atau non DTSK. 

Afirmasi peserta didik berkebutuhan khusus, yaitu rekomendasi assesmen center.

Jalur perpindahan orang tua, yaitu surat pindah tugas atau surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang memperkerjakan 

Jalur prestasi berdasarkan nilai rapor, yaitu nilai rapor kelas 4,5, dan semester 1 kelas 6 dan surat keterangan peringkat.

Sementara jalur prestasi perlombaan yaitu sertifikat hasil perlombaan atau penghargaan.

Waktu Pendaftaran :

Tahap 1 (jalur afirmasi dan prestasi) : 14-18 Juni 2021
Tahap 2 (jalur zonasi dan perpindahan tugas orang tua) : 28 Juni - 2 Juli 2021.
Pengumuman : 7 Juli 2021 (jalur afirmasi dan prestasi) dan 7 Juli 2021 (jalur zonasi dan perpindahan tugas orang tua).

Bagi calon siswa yang diterima wajib mendaftar ulang pada 25-26 Juni 2021 (jalur afirmasi dan prestasi) dan pada 8-9 Juli (jalur zonasi dan perpindahan tugas orang tua). (Yogo Triastopo)