Masyarakat dan Aparat Kewilayahan Diminta Waspadai Penyebaran Covid-19 Saat Ini

Masyarakat dan Aparat Kewilayahan Diminta Waspadai Penyebaran Covid-19 Saat Ini
Foto: Yogo Triastopo



INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta masyarakat dan aparat kewilayahan mewaspadai penyebaran Covid-19 yang saat ini terus mengalami peningkatan secara signifikan. 

"Sudah dapat laporan dari Sekda. Tetapi, saya sudah minta ke sekda harus selalu siaga terus di lapangan bersama gugus tugas," kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Selasa (8/6/2021). 

Menurutnya, pencegahan penyebaran Covid-19 harus dilakukan pada tahap skala mikro di tingkat rukun tetangga maupun rukun warga. Terkait posisi kedua kasus Covid-19 di Kota Bandung, lantaran karena tes. 


"Kita konsisten ya dari awal antara testing dan tracing. Hal kedua perlu saya sampaikan, kenaikan kasus Covid-19 mungkin diambil dari kondisi eksisting tentang BOR," ucapnya. 

Oded menambahkan, keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit telah mencapai 79,9 persen. Kota Bandung menyumbang 52 persen, dan sisanya dari luar Kota Bandung. 

Ketua Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna membenarkan, apabila keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit mengalami kenaikan. 

"BOR saat ini di angka 79 persen, dan memang dulu di 93 persen. Sekarang ada tren naik. Artinya yang bergejala bertambah. Tapi saya melihat positivity rate enam sekian persen, dibanding kemarin tujuh persen," kata Ema. 

Meski demikian, data kasus penyebaran Covid-19 di Kota Bandung sangat dinamis. Untuk itu, masyarakat Kota Bandung diminta waspada secara maksimal dan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

"Upaya kita lainnya adalah meminta kepada Dinkes Kota Bandung untuk meminta rumah sakit menambah tempat tidur, dan mengoptimalkan tempat isolasi mandiri di masing-masing wilayah," ucapnya. (Yogo Triastopo)