Persib Tak Lakukan Persiapan Khusus Hadapi Tira Persikabo

Persib Tak Lakukan Persiapan Khusus Hadapi Tira Persikabo
Foto: Maman Suharman



INILAH, Bandung - Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya memastikan tidak memiliki persiapan khusus untuk menghadapi Tira Persikabo. Rencananya laga uji coba ini akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Sabtu (12/7/2021). 

Menurutnya, persiapan itu dilakukan hanya untuk melanjutkan program yang sudah disusun sejak memulai latihan pada 24 Mei lalu. Diharapkan membuahkan hasil maksimal.

"Sejak dari pertama kita memang start bisa dikatakan tidak dari nol maka dari itu kita coba secara sistematis membuat semua program dengan combain termasuk disetiap pekannya ada evaluasi untuk pertandingan. Dan setiap pekannya kita usahakan ada pertandingan, termasuk minggu ini lawan Tira Persikabo," ujar Yaya di Stadion GBLA, Gedebage, Kota Bandung, Senin (7/6/2021). 


Saat ini, Yaya mengatakan program latihan masih fokus pada peningkatan fisik. Namun, beberapa di antaranya menerapkan taktikal agar kelemahan Persib selama ini bisa teratasi. 

"Kita akan membuat hari ini selain aerobik kita juga taktikal menurut kita agak sedikit menutupi misalnya meminimalisir kelemahan yang kita buat di pertandingan Sabtu kemarin. Artinya kita mencoba multiple planning," bebernya. 

Sejauh ini, lanjutnya, fisik para pemainnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Diharapkan hal itu terus meningkat sehingga Supardi Nasir dan kawan-kawan bisa maksimal di Liga 1 2021. 

"Selanjutnya tentu kita akan melanjutkan program yang sudah kita buat untuk persiapan menjelang kompetisi Liga bergulir, dengan program sistematis dan terus mengalami peningkatan, skema latihan dan program latihan setiap minggu nya sama dari satu minggu ada dua recovery. Kemudian di hari-hari di mana kita akan meningkatkan melakukan tes buat aerobik tetep dalam satu minggu ada hari harinya," bebernya. 

Yaya mengatakan hal itu yang menjadi pertimbangannya. Sehingga dikatakan Yaya di setiap pekan ada peningkatan yang jelas dari target yang diinginkan di setiap pekannya. 

"Sejauh ini dengan beban dan tekanan yang diterima pemain cukup lumayan tetapi mereka masih tetap berusaha untuk meningkatkan berbeda ketika kita melakukan persiapan di Piala Menpora kita tidak bisa meningkatkan level seperti yang kita inginkan karena risiko nya sangat riskan untuk cedera. Tetapi ini kita bisa meningkatkan sampai level yang kita inginkan," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)