Rektor Unpad Nilai Sosok Prof Mochtar Kusumaatmadja Tak Tergantikan

Rektor Unpad Nilai Sosok Prof Mochtar Kusumaatmadja Tak Tergantikan
istimewa



INILAH, Bandung - Terkait berpulangnya Prof Mochtar Kusumaatmadja, Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Rina Indiastuti mempunyai pengalaman pribadi.

Saat almarhum menjabat sebagai Rektor Unpad pada 1973-1974, Rina mengaku dirinya belum masuk perguruan tinggi kenamaan di Jabar itu.

Namun saat Rina menjadi Plt Rektor, Unpad sempat menganugerahkan live achievement award atas rangkaian karya, prestasi, dan kontribusi Prof Mochtar Kusumaatmadja di tingkat nasional dan internasional. 


"Saya menilai dan bisa memastikan sosok beliau belum tergantikan hingga saat ini," kata Rina kepada INILAH, Minggu (6/6/2021).

Dia mengakui, almarhum merupakan tokoh besar di tingkat nasional dan internasional. 

"Prof Mochtar Kusumaatmadja itu tokoh besar dan diplomat kawakan yang selalu berpikir strategis dan gigih memperjuangkan kedaulatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau seorang panutan dan harus dicontoh generasi muda," jelasnya.

Mengutip dari laman unpad.ac.id, selain menjabat sebagai menteri Prof Mochtar Kusumaatmadja pernah menjabat sebagai diplomat. Keahliannya bernegosiasi menjadikannya sebagai diplomat ulung. Dia sering mewakili Indonesia pada beberapa konferensi internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Selama menduduki karier sebagai diplomat, Prof Mochtarlah yang pertama kali mencetuskan perlunya diplomasi kebudayaan. Mochtar menganggap diplomasi kebudayaan bertujuan untuk mengenalkan citra budaya Indonesia di luar negeri, sehingga terbina pemahaman yang lebih baik tentang masyarakat Indonesia.  Lebih jauh lagi akan tercipta kerja sama pembangunan Indonesia lewat hubungan pariwisata, penanaman modal, dan ekspor non-migas.

Selain menjabat sebagai rektor, Prof Mochtar Kusumaatmadja juga pernah menduduki sejumlah jabatan di Unpad. Di antaranya, Dekan FH Unpad 1962-1963, 1967-1968, dan 1969-1967; Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni 1966-1969; serta Pembantu Rektor Bidang Akademis dan Ekstension 1969-1973. (dnr)