Soal Nasib Pemain Muda Persib di Liga 1 2021, Ini Kata Robert Alberts

Soal Nasib Pemain Muda Persib di Liga 1 2021, Ini Kata Robert Alberts
istimewa



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengaku belum bisa memberikan kepastian mengenai nasib para pemain mudanya di Liga 1 2021. Khususnya untuk Kakang Rudianto, Ravil Shandyka hingga Ardi Maulana. 

Terlebih, tiga pemain muda yang baru dipromosikan di pertengahan musim 2020 lalu ini tidak mendapatkan kesempatan bermain di Piala Menpora 2021. 

Robert mengaku masih membutuhkan kejelasan mengenai regulasi yang diterapkan di Liga 1 2021. Sehingga, pelatih asal Belanda ini bisa memutuskan mengenai nasib tiga pemain mudanya itu, termasuk pemain lainnya yang sempat dipinjamkan ke Bandung United.


"Saya belum tahu, karena belum tahu regulasi untuk Liga nanti. Kami juga harus tahu regulasi untuk Liga 2 dan 3, jadi semua itu berkaitan," ujar Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung, Kamis (3/6/2021). 

Robert memastikan para pemain muda itu harus memiliki kesempatan untuk bermain. Jangan sampai karier sepak bolanya dihabiskan di bangku cadangan. 

"Pemain muda di Indonesia tidak mendapat banyak kesempatan untuk berkembang karena tidak ada kompetisinya. Tim ada sistem yang bisa memberi kesempatan pemain muda untuk tampil di tim kedua. Harus ada pembicaraan untuk sistem ke depannya karena ini demi masa depan," katanya. 

Pelatih berusia 65 tahun ini mencontohkan Belanda dan Italia. Menurutnya, masing-masing tim dari kedua negara ini memiliki tim kedua yang bermain di kasta kedua, ketiga maupun keempat. 

"Tapi di sini tidak ada dan tidak ada tempat bagi pemain muda berkembang. Sangat disayangkan jika pemain seperti Saiful atau Kakang bergabung dengan tim kami tapi hanya untuk berlatih. Karena latihan tidak akan membuat pemain berkembang, pertandingan yang membuat pemain itu berkembang sehingga bisa dilihat progresnya," tegasnya. (Muhammad Ginanjar)