Senin Besok Kota Bandung Lakukan Simulasi PTM

Senin Besok Kota Bandung Lakukan Simulasi PTM
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Hikmat Ginanjar. (yogo triastopo)



INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di semua jenjang terhitung 7 hingga 18 Juni mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengatakan, simulasi PTM terbatas ini dilakukan bersama satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

"Sebanyak 3.523 satuan pendidikan menyatakan kesiapannya. Tetapi dari hasil penyaringan, terdapat 654 sekolah yang kita pantau bersama tim kewilayahan terhitung 24 hingga 28 Mei," kata Hikmat di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Kamis (3/6/2021).


Dari jumlah 654, dituturkan dia hanya 237 sekolah yang dinyatakan lolos melaksanakan uji coba PTM. Indikatornya adalah mereka yang telah dapat menerapkan protokol kesehatan.

"Juga sekolah yang memiliki desain belajar, baik dari aspek fisik maupun non-militer fisik. Lalu adanya rekomendasi izin dari orang tua siswa masing-masing. Sehingga kita memberikan opsi, apakah orang tua siswa ingin anaknya belajar tatap muka, atau luring," ucapnya.

Hikmat menambahkan, secara teknis kuota PTM hanya diperbolehkan sebanyak 10 persen hingga 25 persen, dan diberlakukan pembagian waktu dalam pembelajaran serta jam pulang.

"Teknisnya sudah ada panduan dari satuan Pendidikan seperti satu shiftnya itu 2x60 menit. Jadi poinnya itu, di tanggal 7 Juni 2021, Kota Bandung sudah memulai simulasi sebanyak 70 persen. Nanti hasil ini kita evaluasi untuk pertimbangan Juli," ujar dia. (yogo triastopo)