Dirut BUMD Mundur dari Jabatannya, Dadang Siap Cari Pengganti

Dirut BUMD Mundur dari Jabatannya, Dadang Siap Cari Pengganti
Foto: Dani R Nugraha



INILAH, Bandung - Direktur Utama (Dirut) PT Citra Bangun Selaras (CBS) Adhitia Yudhistira mengundurkan diri per 31 Mei lalu. Alasan dia hengkang dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten Bandung karena dia mendapatkan tugas baru untuk memimpin di daerah lain.

"Alhamdulilah per 31 Mei 2021 atau tepat dua tahun sudah saya bersama-sama seluruh stakeholder dan keluarga besar CBS perusahaan daerah Kabupaten Bandung berjuang dan berusaha menjadikan CBS bagian dari variabel pembangunan daerah kabupaten bandung. Perjalanan dua tahun ini sungguh dramatis penuh suka duka, bagaimana kita harus tertatih dan berdarah menyelamatkan perusahaan yang hampir kolaps dan terlikuidasi ini," kata Adhitia, Rabu (2/6/2021).

Saat dinakhodai dirinya, pada 2020 lalu perusahaan pelat merah itu bisa pulih. Bahkan, bisa mengukir sejarah mendapatkan opini wajar tanpa pPengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tak hanya itu saja, perusahaan yang selama ini selalu rugi itu pun bisa membukukan deviden terbesar sejak didirikan pada 2011 lalu.


"Tapi sebagai manusia biasa, tentunya dalam mempin Perusda ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Dalam hal ini saya menggunakan hak pribadi saya sebagai direksi untuk mengajukan pengunduran diri sebagaimana diatur dalam pasal 107 UU PT Nomor 40 Tahun 2007," ujarnya.

Adhitia melanjutkan, keputusannya mengundurkan diri ini dilakukan semata-mata karena mendapatkan tugas baru di tempat lain. Tentu, dengan lepasnya jabatan direktur utama ini menyebabkan kekosongan pimpinan utama di perusahaan. Perseroan dapat segera melakukan RUPS Luar Biasa untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut. Untuk sementara, tupoksi Dirut hingga dilaksanakan RUPSLB akan dilaksanakan Eddy Hidayat.

"Saya berharap, ke depan CBS semakin tangguh dan bisa menjadi lokomotif pembangunan daerah. Tentunya hal tersebut dapat tercapai seandainya terjadi sinergi dan kolaborasi yang kuat antar pemilik saham dalam hal ini Pemkab Bandung dan PT. GTP.  Saya juga berharap semoga kedepan iklim investasi di Kabupaten semakin baik dengan jaminan stabilitas dan kondusifitas daerah agar laju pertumbuhan perekonomian daerah juga meningkat," katanya.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna menilai pengunduran diri Adhitia Yudhistira sebagai Dirut PT CBS merupakan hal biasa dalam sebuah organisasi perusahaan. Untuk menjaga agar perusahaan pelat merah itu tetap berjalan dengan baik, dia berjanji akan segera mencari pengganti.

"Masalah biasa itu mah. Nanti kita cari penggantinya," kata Dadang yang ditemui usai menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Bandung, Rabu (2/6/2021). (Dani R Nugraha)