Kabar Buruk Untuk Wander Luiz

Kabar Buruk Untuk Wander Luiz
istimewa



INILAH, Bandung - Kabar kurang baik dialami Wander Luiz. Striker asing Persib Bandung itu harus menjalani perawatan lebih lanjut untuk menyembuhkan cedera yang dialaminya. 

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengatakan saat ini Wander Luiz harus bertolak ke Rumah Sakit ditemani Dokter Persib, Mochamad Rafi Ghani dan fisioterapis, Benidektus Adi Prianto untuk bertemu dengan dokter spesialis ortopedi. 

"Diharapkan kami mendapatkan diagnosa yang sepenuhnya hari ini," kata Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Rabu (2/6/2021). 


Pelatih asal Belanda ini mengaku merasakan kekhawatiran dengan kondisi yang dialami Wander Luiz. Terlebih, Liga 1 2021 sudah mendapatkan izin dan akan segera diselenggarakan. 

"Jika itu terjadi maka dia tidak bisa dalam kondisi yang siap untuk kick off liga. Itu adalah ketakutan saya dan itu sudah masuk dalam perencanaan kami di latihan. Akan sangat disayangkan tapi kami tidak bisa berbuat apapun," tuturnya. 

Robert memastikan akan merasakan kehilangan apabila Wander Luiz harus benar-benar beristirahat lebih lama atau cedera panjang. Menurutnya itu adalah kerugian besar bagi Persib Bandung. 

"Jika itu terjadi (cedera parah) tentu membuat kami kehilangan striker yang bagus, yang bisa mencetak banyak gol dan memberi banyak pengaruh di lapangan. Dia juga banyak memberi assist dan merupakan pemain yang penting bagi tim," katanya. 

Seperti halnya, lanjutnya, terjadi pada musim 2020 lalu. Wander Luiz menjadi top skorer sementara dengan torehan empat gol dari tiga pertandingan yang telah dijalani. 

"Ketika musim lalu dia datang dengan status trial ketika pergi ke Selangor untuk pramusim. Waktu itu kami banyak memberi kesempatan untuk pemain yang di kompetisi tidak mendapat banyak menit bermain dan Luiz ikut dalam tim itu. Dia mendapat kritikan dari beberapa orang karena dinilai tidak layak membela Persib Bandung. Tapi saya bisa melihat kualitas yang dia miliki, kesempatan yang dia miliki untuk berlatih dan beradaptasi dengan budaya di sini dimanfaatkan dan kalian bisa lihat Luiz sekarang," tegasnya. 

Robert menilai Wander Luiz merupakan salah satu striker terbaik yang berkarier di Indonesia. Bahkan beberapa orang pun memujinya. 

"Kami tahu kenyataannya dan harus menyiapkan rencana alternatif karena dia salah satu striker terbaik di Indonesia sekarang dan itu disayangkan," katanya.

Meski demikian, Robert merasa sedikit terobati. Pasalnya, Persib Bandung masih memiliki banyak stok pemain yang bisa menggantikan peran Wander Luiz. 

"Ferdinand, Geoffrey dan Ezra tentu bisa mengisi itu kapanpun, mereka adalah pemain yang kami percayai. Tapi tentu kehilangan Luiz merupakan kehilangan karena dia ada di level teratas. Dan itu akan memberi dampak, jadi kami akan mencoba mengatasi itu dan harus secepatnya memulangkan Geoffrey. Tapi kami juga tidak bisa melakukan apapun karena dokumennya masih belum siap. Dia harus segera berlatih bersama tim supaya siap untuk bermain di Liga," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)