Indonesia Kembali Tak Mendapat Kuota Haji, Oded Imbau Masyarakat Tak Panik

Indonesia Kembali Tak Mendapat Kuota Haji, Oded Imbau Masyarakat Tak Panik
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Istimewa)



INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku belum mengetahui secara resmi bahwa Indonesia, kembali tidak mendapat kuota haji dalam ibadah tahun ini. 

"Saya belum mendapat informasi dari Kementerian Agama Kota Bandung terkait hal ini. Tetapi menurut saya, masyarakat tidak usah khawatir," kata Oded di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Rabu (2/6/2021). 

Ibadah haji, dituturkan dia bukan hal wajib untuk dilakukan setiap muslim di dunia mana pun. Maka dia menilai, tak salah apabila meminta masyarakat tidak terlalu khawatir terkait persoalan tersebut. 


Terlebih menurut dia, ibadah haji merupakan bagian dari salah satu rukun Islam. Sehingga, masih banyak alternatif lain bagi setiap muslim untuk mengoptimalkan rukun-rukun Islam yang lainnya. 

"Haji itu ibadah mahdoh, rukun Islam kelima. Saya berharap kuota haji dibuka, karena tentunya banyak masyarakat yang sudah lama menabung. Tetapi kalau tidak pun, saya kira, masih banyak ibadah lain yang harus kita optimalkan," ucapnya. 

Oded menambahkan, dengan tidak adanya kembali kuota haji dari pemerintah Arab Saudi akan berdampak kepada kian panjangnya daftar antrian calon jemaah calon haji dari Indonesia. 

"Harapan saya mulai dibukalah kuota haji ini, mudah-mudahan. Tapi kembali, itu urusan pemerintah Arab Saudi juga. Namun yang pasti, antrian dari Indonesia akan semakin panjang, karena peminat itu banyak dari Indonesia," ujar dia.

Arab Saudi memperketat penerimaan jamaah haji 2021. Hal ini berdampak kepada Indonesia dalam agenda tahunan tersebut, dan menjadi kali kedua tak ada jamaah haji Indonesia ke tanah suci. (Yogo Triastopo)