Menanti Kiprah 'The New Gli Azzurri' yang Sudah Tinggalkan Cattenacio

Menanti Kiprah 'The New Gli Azzurri' yang Sudah Tinggalkan Cattenacio
Ilustrasi/Antara Foto



ITALIA akan bertarung di Euro 2020 dengan meninggalkan ciri khas mereka yakni cattenacio. Akankah sukses merengkuh gelar?

Timnas Italia bersiap untuk menghadapi Piala Eropa 2020 yang bakal dimulai pada 11 Juni mendatang. Mereka punya modal yang sangat baik untuk menghadapi Piala Eropa 2020.

Skuad Roberto Mancini melaju putaran final dengan hasil sempurna di babak kualifikasi. Mereka meraih 10 kemenangan dari 10 laga untuk menjadi pemuncak Grup J dengan 30 angka.


Dengan modal tersebut, La Nazionale membidik trofi Piala Eropa 2020. Leonardo Bonucci yang turut dibawa ke Euro kali ini mengungkapkan bahwa Italia kini sudah lapar akan gelar. Terakhir kali, Italia meraih gelar juara di turnamen besar adalah pada Piala Dunia 2006.

Bonucci menegaskan bahwa Italia siap mengembalikkan kejayaan mereka seperti di era 2000-an pada Piala Eropa 2020. Ia menilai Italia berada di jalur yang tepat untuk merealisasikan hal tersebut di bawah besutan Roberto Mancini.

"Kejuaraan Eropa akan sangat bagus untuk menunjukkan bahwa Italia kembali lapar gelar seperti di tahun 2000-an," ujar Bonucci dikutip dari Sky Sport Italia.

"Mancini telah mampu mengendalikan tim ini dan mengembalikan semangat kami tanpa terlalu banyak tekanan."

Italia pada Piala Eropa 2020 tergabung di Grup A bersama Turki, Wales, dan Swiss. Mereka memulai laga pertama dengan menghadapi Turki pada 11 Juni mendatang.

Sementara itu Gli Azzurri dikenal sebagai tim yang bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik. Pelatih Roberto Mancini meyakini hal tersebut sudah berubah.

Italia sangat perkasa di kualifikasi Piala Eropa 2020. Azzurri menjadi juara Grup B setelah menang 10 kali dari 10 pertandingan dengan mencetak 37 gol dan kebobolan empat kali.

Catatan Italia itu cuma kalah sedikit dari Belgia. Tim besutan Roberto Martinez juara Grup I setelah menyapu bersih laga dengan 40 gol dan kebobolan tiga kali.

"Kami telah menempatkan mentalitas yang berbeda dan jika hasilnya tiba, semuanya lebih mudah. Semuanya berjalan baik dan kami yakin kami bisa memainkan sepakbola yang bagus dan memiliki peluang untuk menang pada akhirnya," lugas Mancini. (bsf)