Bedi Budiman: Pancasila Imunitas Bangsa

Bedi Budiman: Pancasila Imunitas Bangsa
Istimewa



INILAH, Bandung - Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Bedi Budiman berharap agar pemahaman nilai-nilai Pancasila dilakukan secara berkesinambungan di setiap generasi.

Dengan pemahaman Pancasila, kata Bedi, masyarakat dapat menangkal berbagai paham yang menganggu kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Tidak adanya kata akhir dalam soal pemahaman nilai-nilai Pancasila karena proses ini harus berkesinambungan. Setiap generasi harus diingatkan sebagai satu sistem, tidak ada kata berhenti karena gangguan akan selalu ada seperti konspirasi global atau dinamika politik yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa," kata Bedi dalam acara Bangkit Milenial Fest 2021 di Balai Pengelolaan Taman Budaya, Jalan Bukit Dago Selatan, Kota Bandung, Selasa (1/6).


Politisi PDI Perjuangan ini pun mengapresiasi atas penyelenggaraan acara “Bangkit Milenial Fest 2021” yang digagas oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jabar, karena dapat menanamkan nilai Pancasila dengan cara kreatif. Terlebih acara ini bertujuan untuk mengapresiasi karya kreatif pemuda dalam konteks kepancasilaan.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini.
Menyosialisasikan Pancasila dengan cara yang kreatif dan mudah dicerna oleh generasi milenial. Ada lomba lagu, video pendek, ini sangat baik bagi pendidikan Pancasila karena Pemprov itu memiliki tugas khusus dari pemerintah pusat untuk melakukan sosialisasi ideologi negara," paparnya.

Bedi juga berharap Kesbangpol menjadi leading sector untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan, khususnya terkait ideologi Pancasila.

Menurutnya, di Jabar ada 15 ribuan ASN yang memiliki dampak yang besar terhadap terjaganya nilai-nilai bernegara.

”Saya berharap Kesbangpol jadi leading sector untuk kelestarian ideologi khususnya di Jabar. Di lingkungan pemerintahan dulu,” katanya.

Selain itu, kata Bedi, dengan kegiatan ini pemahaman ideologi negara Pancasila, semangat Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 45 semakin tertanam.

Sehingga, warga Jabar memiliki imunitas terhadap gempuran isu yang bertujuan merusak persatuan bangsa khususnya di Jawa Barat dan tak terperosok mengumbar energi untuk berseteru apalagi sampai merusak sendi-sendi negara yakni perbedaan suku, agama.

"Dengan imunitas ini diharapkan pembangunan ekonomi yang dicanangkan dapat berjalan baik. Pembangunan ekonomi mustahil akan tercapai bila kita terus bersitegang, bahkan yang sudah tercapai juga bisa luluh lantak karena terganggunya persatuan dan kesatuan. Bila hal penting dan mendasar ini bisa dijaga, saya optimis tekad Indonesia menjadi negara adidaya pada 2045 akan tercapai," tandasnya. (Okky Adiana)


Berikut inilah para pemenang dari acara Bangkit Milenial Fest 2021 dari empat kategori yang dilombakan.

1.Colenak (Cover Lagu Nasional Paling Enak)
Kategori SMA
Juara 1 : Rias Rahma Putri
SMAN 1 Nagreg Kab Bandung

Juara 2 : Andita Octavia SMK Taruna Terpadu (Bogor)

Juara Favorite : Hana Fauziyah SMAN 6 Depok

Juara Favorite Umum : Shalsabila Nabhila
(Cianjur)

2. Bandrek ( Barisan Makna Lewat Video Berdurasi Pendek )
Kategori SMA

Juara 1 : Grestine Dwivanya C SMAN 1 Cianjur

Juara 2 : Brian Rahman Sani SMAN 1 Jatinunggal Sumedang

Juara Favorite : Nazwa Aulia Revina
SMAN 1 Cikalong Wetan Bandung Barat

Juara Favorite Umum : Andi Dwi Apriansyah (Bandung)

3. Kue Lupis (Berkreasi Melalui Lukisan Penuh Inspirasi)

Juara 1 : Moch Syahrul
SLB BC PURNAMA (Cianjur)

Juara 2 : Bentang Setyawati SMAN 1 Lembang Bandung Barat

Juara Favorite : Azki Mutiara Ilmiyah MAN 1 Bogor

4. Surabi ( Surat Cinta untuk Jawa Barat dan Indonesia )

Juara 1 : Jahra Khaliza SMAN 4 Cibinong Bogor

Juara 2 : Gina Azka Salima SMAN 1 Ngamprah Bandung Barat

Juara Favorite : Nina Wulandari MAN 1 Cirebon