Sandiaga Uno Minta Masyarakat Kuningan Terus Kembangkan Desa Wisata

Sandiaga Uno Minta Masyarakat Kuningan Terus Kembangkan Desa Wisata



INILAH, Kuningan,- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta kepada masyarakat Kuningan untuk terus membangun desa wisata.

Alasannya menurut Sandiaga Uno, disamping dapat mendorong penciptaan lapangan kerja di sektor pariwisata, kehadiran Desa Wisata juga dapat melibatkan banyak masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Menfarekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Cibuntu, rangkaian sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Senin (31/5/2021)


"Kenapa harus desa wisata, karena begitu banyak masyarakat yang terlibat dalam sektor ini," katanya.

Menurut Sandiaga Uno, dengan beraneka ragam kerajinan lokal serta seni budaya yang diwariskan leluhur menjadi modal dalam membangun desa wisata.

Untuk itu, ia mengajak kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Kuningan, dan daerah lainnya dapat membangun desa wisata guna meningkatkan perekonomian warganya.

Sandi menilai potensi yang dimiliki desa secara langsung dapat membuka peluang bagi masyarakat untuk menciptakan usaha sekaligus lapangan kerja.

"Ayo jadikan desamu desa wisata simbol kebangkitan ekonomi nasional yang berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit," katanya.

Sementara Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan akan terus menggali potensi yang ada, khususnya pariwisata berbasis desa, mengingat Kabupaten Kuningan, sangat banyak potensinya.

"Semua potensi akan kami gali, akan kami tumbuh kembangkan untuk membangun desa-desa kami menjadi desa yang membangun seluruh bentuk ketahanan, ketahanan sosial, kearifan lokal, ketahanan ekonomi Insya Allah dari kita, oleh kita dan untuk kita," katanya.

Menurut Acep, Kabupaten Kuningan terus mengembangkan destinasi wisata dan bahkan saat ini sudah memiliki 47 desa wisata dari target hanya 25, dan akan terus menggali potensi yang ada.

"Kami memiliki target mengembangkan 25 desa wisata. Tapi saat ini sudah 47 desa wisata dan ini melebihi target," kata Bupati Kuningan Acep Purnama di Kuningan, Senin.

Acep mengatakan meskipun sudah melebihi target desa wisata, namun pihaknya akan terus mendorong desa yang berada di Kabupaten Kuningan, agar dapat menata diri menjadi desa wisata.

Untuk itu, ia juga meminta kepada semua jajarannya agar dapat memanfaatkan kondisi alam yang indah, apalagi di Kabupaten Kuningan, dikelilingi dengan perbukitan dan Gunung Ciremai.

Selain wisata alam kata Acep, masih banyak potensi yang ada dan masih bisa digali semaksimal mungkin, agar visi pariwisata maju berbasis desa dapat terealisasikan maksimal.

"Semua potensi akan kami gali, akan kami tumbuh kembangkan untuk membangun desa-desa kami menjadi desa wisata," tuturnya.

Acep juga mencontohkan satu desa di Kabupaten Kuningan, yang sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan, baik tingkat nasional maupun internasional.

Desa wisata yang dimaksud itu kata Acep, yaitu Desa Cibuntu, yang dahulunya adalah tempat eksplorasi atau galian C.

Lantaran masyarakat sadar dan didukung oleh berbagai pihak maka Desa Wisata Cibuntu bisa menjadi seperti saat ini.

Acep mengatakan Desa Cibuntu berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Desa Wisata yang menerapkan konsep Community Based Tourism (CBT) kedua di Indonesia.

Selain itu juga pernah meraih sebagai desa wisata terbaik urutan kelima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay.

"Walaupun dulu tempat ini menjadi tempat eksplorasi atau galian, tetapi Allah masih memberi keberkahan. Alhamdulillah ditunjang dengan fasilitas yang memadai, ditambah tahun ini akan ada pembangunan fasilitas lainnya, seperti aula, joglo, mushola, dan fasilitas sarana dan prasarana lainnya," katanya.***