Liga 1 2021 Sudah Dapat Izin, Robert Alberts: Tidak Ada yang Spesial

Liga 1 2021 Sudah Dapat Izin, Robert Alberts: Tidak Ada yang Spesial
istimewa



INILAH, Bandung - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akhirnya secara resmi mengeluarkan izin penyelenggaraan Liga 1 termasuk Liga 2 2021. Kepastian itu dilontarkan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo secara langsng.

Surat tersebut bahkan sudah diberikan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Mabes Polri, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Menyikapi hal itu, pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengaku masih terheran-heran. Pasalnya, izin penyelenggaraan kompetisi, ditentukan oleh pihak kepolisian.


"Ya, sudah lama tidak ada sepak bola di Indonesia dan di Indonesia semua bergantung pada perizinan dari Polisi. Di negara lain tidak seperti itu. Jadi bagi saya itu hal yang normal, tidak ada yang spesial soal itu," kata Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Selasa (1/6/2021).

Menurutnya, kondisi ini jauh berbeda dibandingkan negara-negara lainnya. Bahwa kompetisi bisa diselenggarakan tanpa harus menunggu izin dari pihak Kepolisian. 

"Seperti yang sudah sejak lama saya katakan, di negara lain ketika Federasi memutuskan ada laga sepak bola maka laga sepak bola itu diselenggarakan. Pihak kepolisian yang akan mengakomodirnya, bukan membuat peraturan," katanya.

Sementara di Indonesia, pelatih asal Belanda ini menilai bahwa penyelenggaraan harus mendapatkan izin pihak Kepolisian. Ini dibuktikan di Liga 1 2021. 

"Tentunya kami harus mengikuti aturan, tapi dari perspektif sepak bola dan FIFA, tidak boleh ada campur tangan dari pihak ketiga untuk asosiasi sepak bola. Jadi menurut saya seharusnya tidak perlu ada pertanyaan soal perizinan. Tapi saya tahu Indonesia melihat ini berbeda dan saya harus menerimanya, karena kami tinggal di Indonesia jadi harus menerimanya. Tapi jika bertanya pada saya soal ini, bagi saya ini normal di sepak bola," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)