Kasatpol PP Jabar Pantau Penanganan Protokol Kesehatan di Cirebon

Kasatpol PP Jabar Pantau Penanganan Protokol Kesehatan di Cirebon
istimewa



INILAH, Cirebon - Kasatpol PP Jabar, Ade Afriandi, sekaligus ketua divisi KP4A Satgas penanganan covid 19 di Jawa Barat, melakukan pemantauan langsung di Cirebon. Hal itu dilakukan untuk melakukan pengawasan dan melakukan operasi penegakan protokol kesehatan Demikian dikatakan Kabid Tribum Tranmas Pol PP Kabupaten Cirebon, Dadang Priyono, Selasa (1/6/2021). 

 

Menurutnya, kegiatan itu melalui operasi Bhakti Praja dan operasi praja wibawa. Kegiatannya sendiri dilaksanakan dikedua wilayah perbatasan kota dan Kabupaten Cirebon. Satpol PP Jabar juga berkoordinasi dengan pihak TNI POLRI, dan pastinya  Satpol PP Kota maupun Kabupaten Cirebon.


 

"Berkembangnya penyebaran covid 19 yang ada di kota dan kabupaten Cirebon menjadi perhatian khusus  kasatpol PP Jabar. Beliau juga kan ketua divisi KP4A Satgas penanganan covid 19 di Jawa Barat. Jadi wajar karena tanggung jawabnya sangat berat," ungkap Dadang.

 

Dadang menjelaskan, sebagai bentuk pelayanan Pemprov Jabar,  diperbatasan Kota dan Kabupaten Cirebon, disediakan rapid antigen. Jadi, tanpa terkecuali siapapun yang melintas diperbatasan Kota dan Kabupaten Cirebon, akan di rapid antigen. Semua fasilitas rapid antigen, berasal dari Pemprov Jabar.

 

"Rapid antigen tidak pandang bulu. Siapapun yang melintas diperbatasan kota dan Kabupaten Cirebon akan kita test. Ini untuk mengetahui seberapa besar penyebaran covid-19 yang masuk ke Kota maupun Kabupaten Cirebon," jelas Dadang.

 

Disisi lain lanjut Dadang, selama dua hari berturut-turut operasi dilakukan dengan stasioner non yustisi yang menitik beratkan pada pengendara roda dua maupun roda empat. Untuk Kota Cirebon pemeriksaan dilakukan di depan kantor bakorwil jl. Tuparev kecamatan kesambi. Lalu di Kabupaten Cirebon dilakukan di jl. Tuparev Kecamatan kedawung.

 

"Jumlah yang berhasil melakukan rapid anigen di kecamatan kesambi ada 69 dengan 68 hasil negatif dan 1 reaktif. Sedangkan di kabupaten Cirebon kecamatan kedawung yang melakukan rapid antigen berjumlah 104 dan hasilnya semua negatif," tutur Dadang.

 

Sedangkan data yang berhasil dihimpun dilapangan menyebutkan, Untuk hari kedua pada tanggal 30 mei 2021 operasi dilanjutkan di pasar keramat. Operasi stasioner non yustisi tim praja menemukan 1 orang yang reaktif ditempat yang bersamaan di Area Gerbang Komperta Kalikoa kabupaten cirebon. Operasi nin yustisi dimulai pada pukul 9 dan selesai pada pukul  11.30 WIB. Sementara yang melakukan RTA sebanyak 168 orang dengan hasil semuanya negatif. (maman suharman)