Efisiensi, Perumda Tirtawening Kota Bandung Gilir Aliran Air

Efisiensi, Perumda Tirtawening Kota Bandung Gilir Aliran Air
Foto: Yogo Triastopo



INILAH, Bandung - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtawening Kota Bandung menggelar uji alir pelayanan instalasi pengolahan air Badaksinga yang akan dimulai pada Selasa (1/6/2021) besok. 

Uji alir pelayanan instalasi pengolahan air Badaksinga tersebut dikatakan Direktur Utama Perumda Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi untuk mengefisiensikan penggunaan air. 

"Untuk itu, kita berharap kepada pelanggan untuk menyiapkan penampung air. Baik itu toren atau groundtank. Kenapa harus disiapkan. Karena ketiga giliran tiba, penampungan air bisa maksimal," kata Sonny, Senin (31/5/2021). 


Menurutnya, kebutuhan air bersih di Kota Bandung saat ini belum dapat tertutupi Perumda Tirtawening. Masih ada celah cukup jauh antara kebutuhan air bersih dan produksi air bersih yang dihasilkan. 

"Kita berharap, dengan pola baru ini akan terlihat hasilnya seperti apa. Karena air yang tercatat di Badaksinga, akan kita konfirmasi dengan air yang tercatat dimeteran. Kalau tercatat ada kenaikan, artinya pola baru ini efektif," ucapnya. 

Pola baru uji alir yang akan diterapkan yakni dengan sistem buka tutup. Untuk setiap kawasan, nantinya akan dialiri air selama 12 jam penuh dalam satu hari dengan pola berbeda. 

"Jadi sistemnya bergantian. Misalnya wilayah A, air mulai mengalir dari jam 12 siang sampai jam 12 malam. Lalu wilayah B, air mulai mengalir dari jam 12 malam sampai jam 12 siang. Tetapi ini satu pola dari tiga pola baru yang akan kita evaluasi," jelasnya. 

Secara rinci, untuk pelayanan wilayah timur waktu gilir mulai dari pukul 06.00-12.00 WIB (Cicadas, Cihaurgeulis dan Cikutra). Waktu gilir pukul 06.00-18.00 WIB (Cicadas, Cihaurgeulis dan Cikutra). Waktu gilir pukul 09.00-06.00 WIB (Antapani Tengah, Babakan Sari, Cicaheum, Jatihandap, Karang Pamulang, Kebon Gedang, Padasuka, Sekejati, Sukamaju, Sukamiskin dan Sukapada). Waktu gilir dua hari sekali dari pukul 09.00-06.00 WIB (Antapani kidul, Antapani kulon, Antapani wetan, Babakan Surabaya, Kebon Jayanti, Kebonwaru 
dan Sukapura). 

Sedangkan, untuk pelayanan wilayah barat itu waktu gilir pukul 12.00-00.00 WIB (Babakan Ciamis, Pasirkaliki, Arjuna, Ciroyom, Maleber, Garuda, Dungus Cariang, Warung muncang, Jamika, Sukahaji, Kebon jeruk, Cibadak, Jamika, Babakan tarogong, Babakan Asih, Sukaasih, Kopo dan Panjunan). Waktu gilir pukul 00.00-12.00 WIB (Pelindung hewan, Kebon lega, Cigereleng, Ciseureuh, Wates, Batununggal, Mengger, Mekarwangi, Karasak, Pasirluyu, Cibaduyut, Cibaduyut Kidul, Cibaduyut Wetan, Margasuka, Margahayu utara, Cirangrang, Braga, Balong Gede, Pungkur, Ciateul, Nyengseret, Situ Saeur, Ancol, Karang Anyar, Panjunan). (Yogo Triastopo)