Harga Kedelai Tinggi, Pabrik Tahu Di Kawasan Sudirman Tetap Produksi

Harga Kedelai Tinggi, Pabrik Tahu Di Kawasan Sudirman Tetap Produksi



INILAH, Bandung -  Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama melakukan peninjauan Pabrik Tahu Talaga di kawasan Jalan Sudirman, Kota Bandung terkait melambungnya harga bahan baku tahu tempe yakni kacang kedelai. 

 

Orang nomor dua di Kota Bandung tersebut, melihat langsung bagaimana kondisi pabrik atau pengrajin tahu terkait kondisi sekarang ini. Karena di sejumlah lokasi, pabrik dan pengerajin tahu dan tempe menghentikan sementara produksinya. 


 

"Saya lihat mereka tetap berproduksi, walaupun harga kacang kedelai mengalami kenaikan. Berbeda dengan para pengrajin tahu tempe di Cibuntu dan Cibogo yang memilih menyetop sementara produksi," kata Yana pada Jumat (28/5/2021). 

 

Disebut dia, pemilik Pabrik Tahu Talaga memilih tetap beroperasi karena komitmen mereka memenuhi kebutuhan konsumen sesuai permintaan. Pelanggan mereka pun beragam, mulai dari Kota Bandung hingga luar kota berjuluk Paris Van Java ini. 

 

"Mereka banyak yang dari luar kota, dan sudah menjadi komitmen katanya untuk tetap memenuhi kebutuhan para pelangan. Mereka juga menyayangkan kenapa harga kacang dekelai cukup tinggi," ucapnya. 

 

Menurut Yana, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, belum bisa menjanjikan turunnya harga atau kebijakan pengalihan importir kedelai. Sebab kata dia, kebijakan tersebut ada di ranah pemerintah pusat. 

 

"Karena itu merupakan ranah pemerintah pusat. Kita juga khawatir kondisi ini akan terus terjadi dan terus berulang. Sebab, di Januari lalu. Kondisi seperti ini pernah terjadi di Kota Bandung. Tetapi kita juga sebetulnya punya solusi yaitu swasembada pangan," ujar dia. (Yogo Triastopo)