Inilah Sektor Saham yang Bertumbuh di Masa Pandemi

Inilah Sektor Saham yang Bertumbuh di Masa Pandemi
net



INILAH, Bandung - Pandemi Covid-19 memukul perekonomian setiap negara dari berbagai sektor. Begitupun dengan sektor investasi di pasar modal. Namun, di setiap situasi yang buruk sekalipun, selalu ada opportunity atau peluang.

Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) Pusat Informasi Go Publik (PIGP) Jabar Reza Sadat Shahmeini menilai, peluang itu terlihat dari tidak semua sektor usaha terpukul akibat pandemi. Masih ada sektor-sektor usaha yang bertumbuh di masa penuh tantangan ini. 

Beberapa sektor saham sepanjang 2020 lalu masih mencatatkan kinerja yang positif. Bahkan, melampui kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG). 


"Saham sektor kesehatan (IDX Sector Healthcare), sektor perindustrian(IDX Sector Industrials), dan sektor barang baku (IDX Basic) pada saat pandemi ini justru pertumbuhannya positif. Informasi kenaikan harga saham sektoral dapat dilihat pada perkembangan Indeks Harga Saham Sektoral di BEI (Bursa Efek Indonesia)," kata Reza, Jumat (28/5/2021).

Secara rinci, dia menuturkan di tengah kondisi pandemi ini kinerja 7 dari 11 sektor IDX–IC hingga April 2021 mampu melampui kinerja IHSG yang tercatat 0,28% (ytd Apr-21). 

Hingga April 2021, IDX Sector Technology mencetak pertumbuhan paling tinggi, yaitu mencapai 186,01% (ytd). Artinya, jika investor menanamkan investasinya sebesar Rp20 juta pada saham di sektor ini sejak akhir 2020 maka hingga akhir April lalu dana yang diinvestasikan sudah bertumbuh menjadi Rp37,2 juta. Sementara, return indeks saham LQ45 yakni indeks dengan 45 saham berkapitalisasi besar dan berlikuiditas tinggi mencatat penurunan kinerja sebesar -4,40% (ytd).

Ada 19 saham yang masuk dalam perhitungan IDXSector Technology yang bergerak di bidang industri perangkat lunak dan jasa TI serta perangkat keras dan peralatan teknologi. Dari keseluruhan perusahaan teknologi yang tecatat 10 saham di antaranya memiliki kinerja dengan returnharga saham tertinggi hingga April 2021.

Sektor berikutnya yang mencatat pertumbuhan tertinggi kedua di masa pandemi Covid-19 yakni sektor transportasi dan logistik atau IDX Sector Transportation and Logistics. Kinerja sektor ini hingga April 2021 menunjukan penguatan mencapai 9,29%. Jumlah saham yang terdaftar pada sektor ini adalah sebanyak 27 perusahaan tercatat, di mana 11 di antaranya mencatat kinerja positif secara year to date, dipimpin saham Adi Sarana Armada Tbk yang memiliki return tertinggi. 

Selanjutnya yakni sektor keuangan atau IDX Sector Finance yang hingga April 2021 mencatat kinerja tertinggi ketiga mencapai 5,34% (ytd). Dari 106 saham perusahaan tercatat pada sektor ini, industri perbankan memberikan kontribusi terbesar dalam kenaikan indeks sektor tersebut. Saham PT Bank Jago Tbk merupakan salah satu perusahaan dengan kontribusi terbesar yang mencatat kenaikan kinerja tertinggi hingga April 2021. 

Selain dari ketiga sektor IDX–IC tersebut, Reza mengaku beberapa sektor lainnya juga menunjukan kinerja secara year to date yang positif selama tahun berjalan, bahkan melampaui kinerja IHSG. Beberapa sektor tersebut antara lain IDX sector Industrials, IDX Sector Infrastructures, IDX Sector Basic Materials, dan IDX Sector Consumer Cyclicals. (*)