Gojek-Halodoc Dukung Pemerintah Kebut Vaksinasi Lansia

Gojek-Halodoc Dukung Pemerintah Kebut Vaksinasi Lansia



INILAH, Bandung-Gojek, on demand platform layanan transportasi online bersama telehealth Indonesia, Halodoc memperluas layanan vaksinasi drive thru ke Kota Bandung. Hal ini sebagai upaya mendukung pemerintah dalam hal percepatan vaksinasi lansia.

 

Adapun  Pos layanan vaksinasi Covid-19 drive thru warga lansia ber-KTP Bandung ini beroperasi di Monumen Perjuangan Rakyat, Jalan Dipatiukur, pada 27 Mei - 10 Juni 2021 untuk dosis pertama


 

Kegiatan vaksinasi dengan menggunakan mekanisme layanan tanpa turun (lantatur) atau drive thru ini dapat diaksanakan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kota Bandung, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. 

 

VP Regional Public Policy & Government Relations Gojek Gautama Adi menuturkan, vaksinasi drive thru dosis pertama ini menyasar 10 ribu orang yang dibagi menjadi dua kloter. Lima ribu untuk lansia dan sisanya untuk mitra driver Gojek. 

 

"Vaksinasi ini drive thru sehingga konsumen tidak perlu turun dari kendaraan, bisa langsung disuntik di dalam mobil," ujar Gautama, Kamis (27/5/2021).

 

Melalui layanan ini, ditargetkan ada 800 hingga 850 orang yang menjalani vaksinasi dalam satu hari, baik itu kalangan lansia maupun mitra driver. 

 

"Sejak awal Gojek berkomitmen mendukung upaya pemerintah dan keikutsertaan mitra driver dalam program vaksinasi ini akan membantu driver untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat sekaligus memberikan rasa nyaman dan aman bagi mitra dan pengguna layanan," paparnya. 

 

Tidak hanya itu, Gautama melanjutkan, pihaknya juga memfasilitasi mobilitas para lansia yang hendak mengikuti layanan vaksinasi drive thru. Yaitu, dengan memberikan layanan penjemputan dan pengantaran bagi warga sekitar Monumen Perjuangan. 

 

Gojek juga memfasilitasi shuttle GoCar di dalam area drive thru secara gratis bagi lansia yang hadir tanpa kendaraan pribadi untuk mengikuti vaksinasi secara lantatur. 

 

"Pengguna Gojek bisa mendapatkan voucher sebesar Rp 30 ribu dengan kode promo VAKSIN BANDUNG untuk dari dan ke Monumen Perjuangan," katanya. 

 

Proses vaksinasi berjalan kurang dari 60 menit. Konsumen yang divaksin bisa langsung datang ke lokasi vaksinasi drive thru menggunakan kendaraan GoCar. Sebelum divaksin, konsumen akan dicek suhu tubuh dan kesehatan untuk memastikan keamanan penerima vaksin. 

 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengungkapkan, layanan vaksinasi drive thru ini bisa membantu percepatan vaksinasi untuk lansia yang terus digencarkan pemerintah. Disebutkan Yana, sampai saat ini jumlah lansia yang sudah divaksinasi baru mencapai 32 persen, dari target 305.666 lansia di Kota Bandung. 

 

"Artinya baru 30 ribuan lansia di Bandung yang divaksinasi. Target lansia ini masih sangat jauh, karena memang lansia ini membutuhkan treatment khusus. Mereka (lansia) belum tentu mau dan bisa divaksin, cukup banyak hambatannya. Itu sebabnya vaksinasi lansia tidak sesederhana seperti lainnya," ujar Yana. 

 

Yana menambahkan, kehadiran vaksinasi drive thru bisa membantu para lansia ini untuk divaksin secara aman dan nyaman. "Semoga bisa mempercepat pencapaian target vaksinasi lansia dan orang-orang berisiko tinggi. Mudah-mudahan bisa dilakukan di tempat lain, selain Monju (Monumen Perjuangan)," pungkasnya. (rianto)