Inilah Perbedaan PPDB 2021 di Kota Bogor

Inilah Perbedaan PPDB 2021 di Kota Bogor



INILAH, Bogor – Sistem zonasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bogor, dipastikan berubah dari tahun lalu. Tahun ini tidak ada jalur Prestasi (Japres) non akademik.

 

"Untuk tingkat SMP ada perbedaan dalam sistem zonasi. Jika tahun lalu sistem zonasi bisa dikombinasikan dengan jalur prestasi (Japres), tahun ini tidak bisa. Perbedaan dahulu dengan sekarang, dahulu ada Japres pakai rapot, tetapi sekarang tidak ada japres pakai nilai rapot atau japres non akademik," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi, Kamis (27/5/2021).


 

Hanafi menjelaskan, untuk PPDB tahun ini siswa yang mendaftar pakai jalur zonasi hanya murni zonasi sedangkan untuk yang menggunakan jalur prestasi hanya menggunakan jalur prestasi akademik maupun non akademik.

 

"Hari ini kebijakannya berbeda, ada japres nilai rapot dan zona hari ini murni zona. Tetapi zona wilayah kelurahannya bertambah," terang mantan Kepala Bappeda Kota Bogor ini.

 

Hanafi memberikan contoh, seperti SMPN 8 yang berada di wilayah adminstrasi Kelurahan Tanah Sareal memungkinkan menambah zonasi ke dua keluarhan seperti Kelurahan Bantarjati yang juga berada di dekat SMPN 8.

 

"Karena sekarang tidak ada aturan yang melarang ada beberapa kelurahan di beberapa kecamatan, makanya sekarang ditambah wilayahnya, tapi tetap dikombinasi dengan google map, yang terdekat itu yang dapat nilai lebih besar," tuturnya.

 

Masih kata Hanafi, tujuannya diberlakukan seperti ini adalah agar kesempatan siswa yang berada dekat dengan sekolah lebih besar mendapatkan kesempatan untuk bersekolah disitu. Sehingga benar-benar terasa sistem zonasi. (m rizki)