Robert Alberts: Keputusan PSSI Terapkan Promosi Degradasi Tepat

Robert Alberts: Keputusan PSSI Terapkan Promosi Degradasi Tepat
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (istimewa)



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts sambut baik keputusan PSSI untuk tetap menerapkan promosi dan degradasi di Liga 1 dan Liga 2 2021. Hal itu diputuskan setelah Komite Eksekutif (Exco) PSSI melakukan emergency meeting, Selasa (25/5/2021).

Menurut Robert, itu merupakan keputusan tepat dibandingkan harus menerapkan kompetisi tanpa degradasi. Sebab, jika tanpa degradasi, kompetisi tidak berjalan normal.

"Kalau Liga tidak ada dua hal itu, barulah menjadi berita," ujar Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Kamis (27/5/2021).


Pelatih asal Belanda ini memberikan penolakannya dengan wacana tanpa degradasi itu. Menurutnya, kesulitan finansial karena pandemi Covid-19 tidak bisa dijadikan alasan wacana tanpa degradasi diterapkan.

"Kita tidak bisa mengubah beberapa hal hanya karena segelintir orang menginginkannya berubah. Harus tetap profesional untuk bisa berkembang dengan rencana konkret. Karena kalau selalu berubah, rencana itu tidak akan berjalan lurus," tegasnya.

Karena itu, Robert memberikan apresiasinya kepada PSSI untuk tetap menerapkan promosi degradasi di kompetisi musim 2021. Sehingga hal itu membuat para pelaku sepak bola semakin bersemangat dalam menjalaninya.

"Promosi dan degradasi tidak untuk didiskusikan karena itu sudah menjadi semangat dari olahraga ini. Karena semua orang menunjukkan yang terbaik agar tidak terdegradasi. Ketika itu berubah, semua orang akan kecewa dan tidak ada yang menganggapnya sebagai hal yang serius," pungkasnya.

Keputusan untuk tetap menerapkan sistem promosi degradasi sendiri disampaikan secara langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Menurutnya keputusan itu berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan bersama seluruh Exco PSSI.

"Sekjen telah saya perintahkan untuk membalas surat-surat permohonan dari klub-klub Liga 1 dan 2 yang berisi permohonan kompetisi tanpa degradasi, dengan isi surat menjelaskan hasil diskusi ketat Exco PSSI dan konsultasi dengan FIFA/AFC. Keputusan PSSI ini sudah final," tegas Iwan Bule-sapaan akrabnya. (muhammad ginanjar)