Fenomena Gerhana Bulan jadi Pemandangan Indah di Tengah Cuaca Mendukung

Fenomena Gerhana Bulan jadi Pemandangan Indah di Tengah Cuaca Mendukung



INILAH, Bandung,- Cuaca di sekitaran Bandung Raya turut mendukung fenomena gerhana bulan yang terlihat jelas di lokasi wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (26/5/2021).

Lembang dipilih sebagai lokasi pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan gerhana bulan yang belum penuh itu merupakan fase kedua menuju gerhana bulan total. Pengamatan itu, dilakukan dengan menggunakan teropong.


"Kita tunggu posisi puncak gerhana bulannya dimulai pada 18.09 WIB dan puncaknya pada 18.18 WIB, dan mudah-mudahan bulan ini bisa teramati dengan baik," kata Rahayu di lokasi pengamatan.

Menurutnya, cuaca di Bandung pun saat ini mendukung untuk melakukan pemantauan. Meski begitu, ia pun masih menunggu hingga gerhana bulan total memasuki fase puncaknya.

Pengamatan gerhana di tempat wisata itu pun digelar dengan menayangkan layar besar untuk bisa disaksikan wisatawan yang ada di lokasi.

Pihaknya pun memasang layar pengamatan sebanyak tiga buah di berbagai lokasi guna meminimalisir adanya kerumunan wisatawan.

"Kita bagi menjadi tiga layar, jadi di pintu masuk, di tengah, dan di balkon ini. Antusias masyarakat juga sangat tinggi," kata dia.

Ia pun memastikan protokol kesehatan dalam proses pengamatan gerhana tersebut dilakukan secara ketat. Pihak pengelola tempat wisata pun, kata dia, bakal menutup pintu masuk apabila telah kelebihan pengunjung.*