Liga 1 Akan Ditentukan Dalam Hitungan Jam, Robert Alberts Tak Sabar

Liga 1 Akan Ditentukan Dalam Hitungan Jam, Robert Alberts Tak Sabar
istimewa



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mulai tak sabar menantikan nasib Liga 1 2021. Terlebih, nasib kompetisi kasta tertinggi tanah air itu akan ditentukan hanya dalam hitungan jam. 

Sesuai dengan keterangan Asisten Operasi Kapolri, Inspektur Jenderal Imam Sugianto, bahwa izin Liga 1 termasuk Liga 2 akan dikeluarkan pada Kamis (27/5/2021) besok. Hal ini disampaikan langsung usai melakukan Rapat Koordinasi dengan pihak Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, PSSI, dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Robert menilai kabar itu menjadi yang ditunggu-tunggunya selama ini. Sebab Liga 1 sudah terhenti cukup lama akibat pandemi Covid-19. 


Terhitung, itu terjadi pada pertengahan Maret 2020 lalu atau tepat saat Liga 1 2020 baru berjalan tiga pertandingan. Hingga akhirnya dihentikan karena tidak mendapatkan izin dari pihak Kepolisian. 

"Iya itu kabar yang sangat bagus dan itu kabar yang sudah kami nantikan lebih dari satu tahun," ungkap Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung. 

Pelatih asal Belanda ini semakin senang lantaran PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) merencanakan untuk menggelar Liga 1 2021 pada 3 Juli mendatang. Artinya, hanya tinggal beberapa bulan untuk bisa melakoninya. 

"Tapi itu juga tergantung laga di Piala AFC karena dua tim kami, Bali United dan Persipura harus bermain di Piala AFC. Kick off-nya mungkin terlambat dua pekan untuk AFC karena ada lock down di Singapura dan kami kemungkinan akan mulai pada pekan pertama Juli. Maka dari itu, rencana yang kami siapkan adalah enam pekan sehingga tim sudah siap untuk bertanding pada pekan pertama Juli," bebernya. 

Sebelumya, Asisten Operasi Kapolri, Inspektur Jenderal Imam Sugianto, berjanji akan mengeluarkan surat rekomendasi penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 2021 pada Kamis (27/5/2021).

"Perizinan sedang diproses, sekarang sedang proses dan kita berdoa paling lambat tanggal 27 (Mei) surat izin keramaian Liga 1 dan Liga 2 sudah bisa kami keluarkan,” kata Imam Sugianto.

Menurut Imam, surat rekomendasi itu sudah masuk proses perampungan dengan menambahkan lokasi yang bakal dijadikan venue pertandingan. "Sekarang masih kami lengkapi rekomendasi dari wilayah-wilayah yang akan menjadi penyelenggara," tambahnya. (Muhammad Ginanjar)