Ratusan Atlet PON XX Asal Jabar Ikuti Program Character Building

Ratusan Atlet PON XX Asal Jabar Ikuti Program Character Building
Foto: Muhammad Ginanjar



INILAH, Bandung - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar Ahmad Saefudin resmi membuka character building yang diikuti atlet dan pelatih dari 22 cabang olahraga di Dodik Belanegara Rindam III/Siliwangi, Jalan Tangkuban Parahu, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (26/5/2021). 

Kali ini merupakan character building tahap pertama dengan total peserta mencapai 319 orang yang digelar pada 25-29 Mei. Sementara gelombang kedua akan dilaksanakan pada 1-5 Juni mendatang.

Ahmad mengatakan ada tiga tujuan yang ingin dicapai dalam character building ini. Tentunya agar bisa tampil maksimal di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, 2021 mendatang. 


"Pertama, ingin menanamkan bahwa mereka itu harus mampu menghadapi situasi dan kondisi dalam konteks yang berpengaruh pada kemampuan dan keterampilan," ujar Ahmad. 

Kedua, lanjutnya, ingin memberikan berbagai perbekalan mengenai situasi dan kondisi yang harus dihadapi. Sehingga para atlet khususnya, kemampuan yang dimiliki bisa tetap dipertahankan. 

"Ketiga, tentu saya juga sangat menyadari dengan dinamika perpanjangan satu tahun. Kemudian kita juga tidak mampu menilai sejauh mana indikator kemampuan atlet hasil latihan karena eventnya juga kurang. Saya harus memastikan dari aspek apa dia mampu menguasai dirinya mengetahui kemampuan dirinya," bebernya.

Dengan program character building ini, Ahmad berharap ditemukan penyelesaian permasalahan yang dialami para atletnya. Sehingga bisa tampil maksimal di PON XX. 

"Oleh sebab itu, saya ingin dibangun di character building ini dengan ritme yang sudah kita atur dengan materi-materi yang agak lain dari biasanya dan juga dari tim expert-expert yang mampu memberikan ilustrasi, informasi, pemberdayaan dan lainnya," tuturnya. 

Ahmad memiliki kepercayaan diri yang tinggi character building ini bisa membawa perubahan kearah yang lebih baik bagi para atletnya. Sehingga para atletnya ini benar-benar maksimal di PON XX. 

"Saya meyakini dengan tata cara yang kita lakukan. Ini bukan hanya semacam model hari ini, tetapi model-model yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi sesuai kebutuhan. Saya yakin dengan dilaksanakan character building ini, atlet yakin memiliki kepercayaan diri, termotivasi untuk tetap mampu menjadi yang terbaik," tegasnya. (Muhammad Ginanjar)