Program Hitz Digeber untuk Tingkatkan Kualitas UMKM Kota Bogor

Program Hitz Digeber untuk Tingkatkan Kualitas UMKM Kota Bogor
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor menggeber program Bogor Hitz demi meningkatkan kualitas pelaku UMKM Kota Bogor serta membuka market pasar lokal hingga internasional ditengah dampak pandemi Covid-19. Dari target 1.000 pelaku UMKM asal kota hujan yang dipersilahkan bergabung, sudah terdaftar 200 lebih pelaku UMKM didalam program Bogor Hitz.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Samson Purba mengatakan, niatan awal pihaknya mencari ide untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), kemudian muncul gagasan program ini. Program ini juga bertujuan untuk membuka pasar lokal dan luar negeri ditengah minimnya daya beli masyarakat akibat keterbatasan ekonomi dimasa pandemi Covid-19.

"Ini program kami ditengah pandemi covid-19, sebagaimana diketahui daya beli menurun, nantinya kami berikan edukasi serta sosialisasi sebelum masuk para pelaku UMKM binaan kami ke program ini. Jadi ada proses seleksi. Ini digulirkan untuk daftar sebanyak-banyaknya supaya membuka pasar lokal hingga tembus ke luar negeri," ungkap Samson kepada wartawan pada Rabu (26/5/2021).


Samson melanjutkan, sebagai terobosan, program Bogor Hitz ini juga berbasis digitalisasi dan terlaksana dengan menggandeng swasta sebagai mitra kerja.
 
"Nantinya ada PT. Bawa Indonesia Global (BIG) sebagai mitra kerja. Pelaku UMKM bisa mendaftar melalui link http://bit.ly/BogorHitz, disana ada beberapa persyaratan yang harus diisi dan dilengkapi," tambah Samson.

Samson menjelaskan, sedikitnya 200 pelaku UMKM di Kota Bogor telah mendaftar dan program jangka panjang ini para pelaku UMKM yang terlibat akan diberikan reward berupa penambahan modal melalui sejumlah tahapan. 

"Dari target 1.000 UMKM sekarang sudah ada 200 yang mendaftar. Pembukaan telah dibuka dari kurang lebih sebulan lalu," jelasnya.

Samson berharap, diharapkan UMKM tertarik dan mendaftar, karena kolaborasi antara Pemkot Bogor dengan PT. BIG merupakan kesempatan yang bagus dengan tanpa biaya. 

"Ini gratis, tanpa biaya sama sekali. Ini seperti forum dan market place yang ada. Tetapi sebelum produk di tampilkan atau dijual, dibina juga dibuat agar semenarik mungkin. Setelah berjalan nanti mungkin akan dikerjasamakan juga dengan jasa pengiriman," pungkasnya. (Rizki Mauludi)