Tenang karena Bergantung hanya kepada Allah

Tenang karena Bergantung hanya kepada Allah
KH Abdullah Gymnastiar. (Istimewa)



ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Mengetahui segala isi hati, menggolongkan kita sebagai orang-orang yang husnul khotimah. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman,"Apa saja nikmat yang kamu peroleh maka itu adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka itu dari (kesalahan) dirimu sendiri.." (QS. An Nisaa [94] : 79).

Kalau kita mau mentafakuri ayat ini dan senantiasa menggenggam kandungannya, maka akan terasa sederhana hidup ini. Bahwa segala karunia dalam bentuk apapun itu hanya dari Allah dan hanya milik Allah. Sehingga, setiap apapun yang kita inginkan, yang kita lakukan, yang kita cita-citakan, harus kembali kepada Allah, Dzat Yang Maha Memiliki segalanya. Sehat dari Allah, ketenangan dari Allah, kuat iman juga dari Allah, jalan keluar dari segala permasalahan pun hanya datang dari Allah.


Ternyata, resah gelisah yang kita rasakan ketika menjalani hidup ini bukanlah disebabkan masalah yang sedang kita hadapi, melainkan disebabkan kurang kuatnya kita berpegang teguh dan meminta tolong kepada Allah. Karena kita tidak bisa mengandalkan siapapun atau apapun, kalau Allah tidak menolong, maka pasti kita tidak akan tertolong. Sedangkan kalau Allah menolong, maka masalah serumit dan seberat apapun pasti ada jalan keluarnya.

Tugas kita adalah berbuat sebaik mungkin apa yang Allah ridhoi. Karena sesungguhnya setiap perbuatan kita akan kembali kepada kita. Undanglah karunia Allah dengan ketaatan, dan jangan undang keburukan dengan perbuatan buruk kita. Semoga Allah senantiasa memberi kita petunjuk. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]