Gedung Bogor Creative Center Diresmikan, Bentuk Support BJB Untuk Generasi Milenial

Gedung Bogor Creative Center Diresmikan, Bentuk Support BJB Untuk Generasi Milenial
istimewa



INILAH, Bogor - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan gedung Bogor Creative Center di Jalan Ir.H. Djuanda nomor 4, Kecamatan Bogor Tengah pada Selasa (25/5/2021) sore.

Gedung yang diperuntukkan sebagai pusat kreatif generasi muda kota hujan ini merupakan kolaborasi Pemprov Jawa Barat, Pemkot Bogor dengan Bank Jabar Banten (BJB) yang konsisten mensupport kreatifitas generasi milenial untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi dimasa pandemi Covid-19.

Diketahui dalam sambutannya instruksi Ridwan Kamil agar kepala daerah di Jawa Barat bisa membuat gedung serupa untuk menyalurkan kreatifitas generasi muda. Hal ini juga disambut baik oleh BJB yang akan konsisten mensupport daerah di Jawa Barat untuk membangun gedung serupa.


Ridwan Kamil  mengatakan, diera dirinya menjadi Gubernur Jawa Barat, bupati dan wali kota lebih banyak bertemu sehingga meminimalisir miskomunikasi. Seperti Bakorwil ini dibubarkan secara nomenklatur, gedung menjadi apa?, muncul lah ide dijadikan Bogor Creative Center. Agar anak muda lebih banyak diberikan waktu, dirinya titip kepada satpam jangan galak-galak, apabila ada anak muda datang pukul 01.00 WIB juga dibolehkan asal tidak menyimpang dari peruntukan gedung ini. Dengan dibangun ini hindari anak muda mencari ruang kebebasan diruang marjinal.

"Generasi saya generasi X, cirinya masih pakai jam tangan. Nanti generasi anak kita menjadi konsumen gedung ini mencari, tiap hari urusan geganggamannya. Jual beli online, paling bisa lulusa Covid-19 adalah generasi Z atau milenial ini. Mudah-mudahan generasi ini menjadi mesin menciptakan karya solutif dan tidak hanya menjadi beban negara," ungkap Ridwan Kamil disela acara peresmian.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, dirinya mempunyai komitmen dididorong pak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk memberdayakan anak-anak muda yang kreatif yaitu generasi Z dan generasi milenial. Sementara itu sekarang yang ada di banyak posisi kunci adalah generasi X.

"Apa yang dilakukan pak gubernur menyiapkan mereka generasi milenial dimasa depan, bukan saja menyiapkan mereka membantu menggulirkan roda ekonomi saat ini. Bukti anak muda didekati gubernur tidak masa elektoral, tapi ini untuk mendorong kreatifitas. Pak Jokowi merupakan genrasi baby boomer, yang 2024 nanti sudah tidak manggung lagi. Mudah-mudahan pan Ridwan Kamil ini sebagai representasi generasi X yang akan manggung nanti," singkat Bima.

Ditempat yang sama, Direktur Utama (Dirut) BJB, Yuddy Renaldi membeberkan, dukungan kreatifitas anak muda, BJB ikut mensupport langkah Pemkot Bogor khususnya bapak Bima Arya Sugiarto terkait berdirinya Bogor Creative Center. Tadi juga secara simbolisasi menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) terkait pendirian gedung Bogor Creative Center.

'Sesuai apa yang disampaikan pak Bima terkait bonus demografi negara kita dengan lebih 50 persen atau mungkin 70 sampai 80 persen adalah generasi milenial. Jadi artinya kreatifitas harus digiatkan dan tentu harapan dengan kegiatan yang makin kreatif akan menumbuhkan pertumbuhan ekonomi yang baik dan tentunya buat kontribusi kepada negara akan lebih baik lagi," terangnya.

Yuddy menjelaskan, di BJB para kreatif anak muda yang berkontribusi ke BJB dengan digitalisasi ini membangkitkan pendapatan dari fee based income atau 

keuntungan yang di dapat dari transaksi yang diberikan dalam jasa-jasa bank lainnya BJB, bahkan jadi meningkat cukup tajam. Untuk gedung Bogor Creative Center, CSR dalam bentuk sarana dan prasarana, sehingga ada kegiatan internal dari BJB supportnya. 

"Harapan kedepannya ini menjadi pusat kreatifitasnya anak muda Kota Bogor. Saya mendapat informasi ada beberapa kota seperti bIndramayu, Cirebon dan beberapa kota lain termasuk Tasikmalaya, ingin membangun gedung seperti ini dan akan kami support. Ini menjadi engine kreatifitas dari anak muda untuk bisa mengkontribusikan semangat juga menumbuhkan pembangunan ekonomi. Kami selalu mensupport Kota Bogor melalui CSR sehingga langkah pemerintah membuat sarana dan prasarana lain akan terus disupport," pungkasnya. (rizki mauludi)