Warga Satu Kampung di Bungbulang Terpapar Covid-19

Warga Satu Kampung di Bungbulang Terpapar Covid-19
Foto: Zainulmukhtar



INILAH, Garut - Kasus penyebaran virus corona (Covid-19) di Kecamatan Bungbulang selatan Kabupaten Garut dalam beberapa waktu terakhir terus meningkat. Pun jumlah kematian akibat virus tersebut.

Belakangan diketahui, kebanyakan mereka berasal dari Kampung Banjarsari Desa Hegarmanah Kecamatan Bungbulang. Di kampung tersebut, puluhan warga terkonfirmasi terpapar Covid-19.
Belum diketahui pasti sumber penularan Covid-19 di kampung tersebut. Kendati sempat ada dugaan penyebarannya dipicu warga pemudik, dugaan lain menyebutkan penularan terjadi lebih merupakan dari kontak lokal antarmasyarakat setempat sendiri.

Wabup Garut Helmi Budiman pada Jumat (21/5/2021) sempat menyebutkan, sedikitnya 37 warga di Kampung Banjarsari terpapar Covid-19. Sebanyak dua orang di antaranya diisolasi perawatan di RSU dr Slamet Garut karena kondisinya mengkhawatirkan.


Untuk menangani kasus Covid-19 di kampung tersebut, kata Helmi, Pemkab Garut sudah menyiapkan segala sesuatunya, termasuk rumah sakit dan tempat isolasi. Namun karena warga menginginkan tetap berada di daerahnya sendiri untuk isolasi maka petugas dari Dinas Kesehatan Garut dan puskesmas setempat yang datang dan bersiaga di Kampung Banjarsari.

"Untuk jadup (jaminan hidup) sendiri, nanti Dinas Sosial akan mengirimkan bantuan ke sana. Kami juga sudah mempersiapkan hal ini, apabila terjadi lagi di tempat yang lain," ujar Helmi.
Penyebaran Covid-19 klaster kampung seperti di Kampung Banjarsari Desa Hegarmanah Kecamatan Bungbulang bukan kali pertama terjadi di wilayah Kabupaten Garut. 

Sejak awal pandemi Covid-19 terdeteksi di Kabupaten Garut, penyebaran Covid-19 terjadi di puluhan kampung di sejumlah desa/kelurahan. Beberapa kali sempat dilakukan karantina lokal guna mencegah penyebaran virus lebih luas lagi. Mereka yang berada dalam lingkungan dikarantina juga sempat diberikan bantuan jadup untuk beberapa hari sampai masa karantina usai. 

Merujuk data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut, di wilayah Kecamatan Bungbulang sendiri hingga per 21 Mei 2021, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai sebanyak 162 orang. Sebanyak sepuluh orang di antaranya meninggal dunia, atau sekitar 6,2 persen. 

Sepanjang 1 hingga 21 Mei 2021 saja, jumlah warga dari Bungbulang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai sebanyak 64 orang. Sebanyak lima orang di antaranya meninggal dunia. Yakni laki-laki (KC-8904) usia 74 tahun, laki-laki (KC-8926 A) usia 67 tahun, laki-laki (KC-8772) usia 67 tahun, perempuan (KC-8693 A) usia 55 tahun. dan perempuan (KC-8859) usia 33 tahun.

Saat ini, Kecamatan Bungbulang tercatat merupakan kecamatan menempati urutan ke-19 terbanyak terdapat kasus positif Covid-19 dari 42 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut. (Zainulmukhtar)