Klaster Mudik Muncul, Sekeluarga Covid-19 di Cimahi

Klaster Mudik Muncul, Sekeluarga Covid-19 di Cimahi



INILAH, Cimahi - Pasca libur Lebaran Idul Fitri 2021, Pemkot Cimahi langsung menggelar rapid test antigen masal. Hasilnya 9 orang positif. Dari hasil treking, mereka positif setelah melakukan perjalanan dalam kota. 

Kadinkes Kota Cimahi Pratiwi mengatakan, rapid test masal ini dilakukan secara gratis, dan dibagi dua sesi. Sesi pertama pukul 08.00 WIB hingga pukul 10. WIB, kemudian dilanjut pukul 11.00 WIB hingga siang. 

"Sesi pertama ada 200 orang yang ikut, dan hasilnya 9 orang positif tersebar di beberapa kelurahan," katanya disela-sela kegiatan, Minggu (23/5/2021).


Ia menjelaskan, dari hasil treking mereka yang posif, ternyata sebelumnya sudah melakukan perjalanan dalam kota atau mudik lokal saat libur lebaran kemarin. Kemungkinan saat kumpul keluarga mereka terpapar dari anggota keluarganya yamg positif. 

"Nah kebetulan dari 9 orang ini ada yang keluarganya positif lalu terpapar. Mereka diberitahu lalu ikut rapid test antigen di sini," ujarnya. 

Ke sembilan orang yang positif COVID-19 tersebut saat ini langsung diarahkan untuk menjalani isolasi mandiri karena termasuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Karena kan ada satu keluarga itu ayah, ibu, sama anaknya. Mereka itu yang terpapar dari saudaranya yang positif waktu kumpul pas lebaran," ujarnya. 

Pratiwi menegaskan rapid test antigen massal yang dilakukan kali ini juga sebagai upaya skrinning antisipasi kasus positif dari para pemudik.