Kota Bandung Raih Opini WTP Ketiga Kali

Kota Bandung Raih Opini WTP Ketiga Kali
istimewa



INILAH, Bandung - Laporan Keuangan Pemkot Bandung 2020 meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Barat. Prestasi itu merupakan kali ketiga.

Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap, hasil tersebut dapat menjadi penyemangat sekaligus meningkatkan kualitas tata kelola keuangan di lingkungan pemerintahan Kota Bandung ke depan. 

"Hari ini Kota Bandung mendapat opini WTP di dalam LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) kita. Mudah-mudahan ini menjadi spirit, karena Kota Bandung baru tiga kali mendapat WTP," kata Oded, Jumat (21/5/2021). 


Menurutnya, dengan adanya pergeseran anggaran di masa pandemi Covid-19 saat ini tidak lantas membuat pemerintah kota mengabaikan aturan keuangan yang ada. Pihaknya tetap on the track. 

"Ketika kita memiliki spirit yang sama, semangat yang sama dengan tujuan kita adalah menghadirkan akuntabilitas di dalam pelaksanaan penganggaran di Bandung. Kita masih on the track," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK Jabar Agus Khotib mengatakan opini WTP diberikan kepada pemerintah daerah berdasarkan penyajian kewajaran laporan keuangan. Selain itu, dalam hal kepatuhan pelaporan. 

"Harus disadari opini ini menguji penyajian kewajaran penyajian laporan keuangan dan kepatuhannya. Kita sampel dari beberapa yang kita sampel belum menemukan hal signifikan menganggu penyajian," kata Agus. (Yogo Triastopo)