Kerusuhan Sipil, Kolombia Batal Jadi Tuan Rumah Copa America

Kerusuhan Sipil, Kolombia Batal Jadi Tuan Rumah Copa America
Antara Foto



INILAH, Jakarta- Kolombia dipastikan tidak akan menjadi tuan rumah Copa America 2021 setelah negara tersebut mengalami kerusuhan sipil sejak beberapa pekan lalu.

Argentina dan Kolombia rencananya akan menjadi tuan rumah bersama kompetisi internasional tersebut di musim panas ini. Turnamen ini menampilkan 10 negara Amerika Selatan dan akan dimulai di Buenos Aires pada 13 Juni dan diakhiri dengan pertandingan final di kota Barranquilla, Kolombia pada 11 Juli.

Copa America tahun ini awalnya dijadwalkan pada tahun 2020, tetapi ditunda karena penyebaran COVID-19.


Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) pada Kamis (waktu setempat) menawarkan Argentina untuk menjadi tuan rumah tunggal Copa America.

"CONMEBOL menjamin realisasi Copa America 2021 dan dalam beberapa hari mendatang akan menginformasikan di mana relokasi pertandingan-pertandingan yang akan diadakan di Kolombia," kata organisasi itu dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters pada Jumat.

Pemerintah Kolombia sendiri bersikeras bahwa situasi negara mereka baik-baik saja dan masalah apa pun akan diselesaikan sebelum turnamen tersebut dimulai.

CONMEBOL telah menolak permintaan dari Kolombia untuk menunda Copa America hingga akhir tahun ini.

Protes anti-pemerintah di Kolombia sendiri telah menewaskan sedikitnya 15 orang.