Kemana Bupati dan Wabup Bandung Saat Unjuk Rasa Kecam Zionis Israel?

Kemana Bupati dan Wabup Bandung Saat Unjuk Rasa Kecam Zionis Israel?
Foto: Dani R Nugraha



INILAH,Bandung- Ratusan massa yang tergabung dalam aksi solidaritas Muslim Kabupaten Bandung, menggelar aksi unjuk rasa menentang kekejian zionisme Israel terhadap bangsa Palestina. Aksi unjuk rasa digelar di depan Komplek Pemkab Bandung di Soreang, Kamis (20/5/2021).

Berdasarkan pantauan, ratusan masa dengan beragam atribut sejak siang berkumpul dan berorasi. Mereka menerikakan kekecewaan terhadap aksi zionisme Israel yang hingga saat ini terus melakukan penyerangan terhadap penduduk Palestina. Berbagai alat peraga yang mensimbolkan zionisme dibawa dan dinjak-injak para pengunjuk rasa dengan meneriakan berbagai kecaman.

"Ini adalah aksi solidaritas Muslim Kabupaten Bandung, untuk mengajak semua pihak menyuarakan kutukan atas kekejaman zioniesme Israel terhadap bangsa Palestina. Kami juga mengajak Pemerintah Kabupaten Bandung terutama Bupati dan Wakil Bupati Bandung untuk secara resmi menyatakan sikap atau mengutuk kekejaman zionisme Israel. Selain itu, kami juga mengajak semua masyarakat termasuk para ASN, untuk menggalang dana kemanusiaan untuk saudara-saudara kita di Palestina," kata Ketua Solidaritas Muslim Kabupaten Bandung, Agus Mulyana.


Dalam aksi tersebut, Agus juga menyayangkankan ketidakhadiran Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan untuk memberikan dukungan moril terhadap saudara-saudara Muslim Palestina yang tengah berjibaku mempertahankan tanah airnya. Padahal, kata Agus, ia dan para pengunjuk rasa sangat mengharapkan kehadiran pimpinan daerah yang baru saja terpilih itu untuk bersama-sama mengutuk kekejaman zionisme Israel.

"Kami mohon kepada Bupati Bandung dan DPRD segera menggerakan semua elemen dimulai dari dirinya  mengeluarkan dana untuk membantu saudara Palestina. Ketiga, segera mengadakan doa bersama yang didorong oleh Bupati dan wakilnya. Tapi disayangkan, Bupati dan wakilnya yang baru dilantik tidak ada hadir dalam audiensi maupun orasi, saya mempertanyakan ada apa," ujarnya.

Dalam aksi tersebut, lanjut Agus, pihaknya juga melakukan penggalangan dana kemanusiaan. Dalam waktu yang tak begitu lama, para relawan itu berhasil mengumpulkan dana kemanusiaan lebih dari Rp 10 juta. Dana kemanusiaan tersebut, akan disalurkan kepada warga Palestina melalui yayasan Hilal Merah.

Ketua DPRD Kabupaten Sugianto dan anggotanya Yayat Sumirat menemui para pengunjuk rasa. Keduanya naik diatas podium dan berorasi mengutuk kekejaman zionis Israel. Sugianto berjanji, pihaknya akan mendorong Pemerintah Kabupaten Bandung untuk mengambil langkah kongrit terhadap permasalahan ini. Salah satunya, yakni dengan mengajak semua ASN untuk mendonasikan sebagian penghasilannya untuk membantu warga Palestina.

"Saya juga mengajak semua kaum Muslimin di Kabupaten Bandung untuk bersama sama mendoakan saudara kita di Palestina. Di mesjid-mesjid, surau dan rumah rumah, mari kita mendoakan saudara kita di Palestina," ujarnya.(rd dani r nugraha).