Kawanan ABG Rampok Diamankan Warga di Katulampa, Sempat Duel dengan Pemilik Rumah

Kawanan ABG Rampok Diamankan Warga di Katulampa, Sempat Duel dengan Pemilik Rumah



INILAH, Bogor - Tiga pelaku pencuri yang sempat menganiaya pemilik rumah di Katulampa RT 01/19, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, diamankan warga pada Kamis (20/5/2021) dini hari. Ketiga pelaku yang rata-rata masih dibawah umur ini yakni AF (16), YH (16), dan rekannya FR (21), merupakan warga Citayam, Kota Depok.

Informasi yang didapat, peristiwa pencurian dengan kekerasan itu dilakukan ketiga orang pemuda pada pukul 02.30 WIB. Modus operandinya, pertama ketiga orang tersangka yakni YH dan tersangka AF masuk ke dalam pekarangan rumah korban.

Kemudian menuju ke arah jendela rumah yang terbuka dan tidak terkunci, saat itu tersangka AF masuk ke dalam rumah dengan membawa senjata tajam jenis clurit, dan sempat mengambil barang milik korban berupa HP.


Sedangkan tersangka YH menunggu sambil memegangi jendela, dan tersangka lainnya FR menunggu di pinggir jalan dengan motornya.

Pada saat tersangka AF masuk dalam kamar dan berhasil mengambil HP, perbuatan tersebut dipergoki oleh korban yang sedang tidur, spontan korban terbangun kemudian terjadi perlawanan antara korban dengan tersangka AF yang membawa clurit.

"Dalam perkelahian tersebut korban mengalami luka bacok dibeberapa bagian bahu kiri, tangan kiri, pipi dan pantat kiri karena terkena serangan pelaku," ungkap Kapolres Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro melalui Kapolsek Bogor Timur Kompol Hida Tjahjono pada Kamis (20/5/2021).

Hida melanjutkan, saat perkelahian antara pelaku dan korban, senjata tajam pelaku sempat terjatuh. Kesempatan itu dimanafaatkan korban  untuk melawan pelaku, dengan mengambil senjata yang terjatuh hingga akhirnya pelaku AF mengalami luka bacok pada bagian punggung sebelah kiri dan pantat sebelah kiri.

Melihat dan mendengar perlawanan korban tersebut kemudian tersangka YH dan tersangka FR mencoba melarikan diri, namun berhasil diamankan oleh warga yang melaksanakan ronda malam.

"Akhirnya ketiga orang pelaku diamankan di pos security Perumahan Bogor River Side," jelas Hida.

Hida menambahkan, selanjutnya perkara ditangani oleh Penyidik Polsek Bogor Timur, penerapan pasal yang disangkalkan kepada pelaku yakni 362, 363 Jo 365 Jo 55 KUHP tentang pencurian, pencurian dengan pemberatan dan pencurian dengan kekerasan. Serta Undang-undang peradilan anak, mengingat dua orang pelaku masih dibawah umur.

"Ancaman hukuman pidana kurungan di atas lima tahun penjara," tambahnya.

Hida mengimbau, agar masyarakat lebih waspada dengan lingkungan sekitar, dan meminta untuk menerapkan sistem pengamanan satu pintu untuk di perumahan/permukiman penduduk. 

"Aktifkan kembali sistem ronda malam," pungkasnya. (rizki mauludi)