KAI Cirebon Tambah Layanan GeNose di Dua Stasiun

KAI Cirebon Tambah Layanan GeNose di Dua Stasiun
Ilustrasi/Antara Foto



INILAH, Cirebon- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, menambah layanan tes GeNose di dua stasiun yaitu Haurgeulis, Indramayu, dan Brebes, mulai 20 Mei 2021 dengan tarif Rp30 ribu.

"Mulai hari ini kami hadirkan layanan tes GeNose di Stasiun Haurgeulis dan Brebes dengan tarif Rp30 ribu," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Suprapto di Cirebon, Kamis.

Suprapto mengatakan layanan tes GeNose di dua stasiun itu untuk mempermudah calon penumpang mendapatkan surat bebas COVID-19, yang merupakan salah satu persyaratan harus dipenuhi oleh penumpang KA jarak jauh.


Ia melanjutkan layanan tes GeNose terselenggara atas kerja sama antara PT KAI Daop 3 Cirebon dengan PT Farmalab.

Untuk jam pelayanan kata Suprapto, di Stasiun Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, dimulai dari pukul 07.30 WIB sampai 17.00 WIB, sementara di Stasiun Brebes dimulai dari jam 08.00 WIB sampai 17:00 WIB.

"Diharapkan dengan kehadiran layanan ini, bisa menjadi alternatif pilihan bagi para penumpang, karena para penumpang bisa memilih layanan GeNose yang terdekat dengan stasiun keberangkatannya dalam mendapatkan surat bebas COVID-19," tuturnya.

Dengan penambahan tersebut kata Suprapto, total stasiun di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, telah terdapat lima stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose. Ke tiga stasiun sebelumnya yang telah melayani pemeriksaan GeNose tersebut adalah Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, dan Jatibarang.

Suprapto mengatakan bahwa hasil pemeriksaan GeNose di lima stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA jarak jauh.

Sebagai salah satu persyaratan protokol kesehatan dalam menggunakan KA jarak jauh, pelanggan KA diharuskan menunjukkan surat keterangan negatif dari tes GeNose atau test antigen atau RT-PCR.

"Layanan pemeriksaan GeNose di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon dalam rangka screening COVID-19 pada moda transportasi kereta api," katanya.